Sign in

Sign up

Maret 12, 2019

Lima Perguruan Tinggi Siap Dukung Program Kang Pisman

By admin@bewara 0 6 Views

BANDUNG, BEWARAJABAR.COM — Sebanyak lima perguruan tinggi di Kota Bandung siap mendukung program Kang Pisman (Kurangi-Pisahkan Manfaatkan). Program yang tengah digencarkan oleh Pemkot Bandung tersebut, dalam meminimalisir sampah di kota yang berjuluk “Parisj Van Java” ini.
Kelima perguruan tinggi tersebut yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Bandung (Unisba), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bandung dan Politeknik Negeri Bandung (Polban).
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta kelima perguruan tinggi ini, semakin berperan aktif dalam berkolaborasi dengan Pemkot Bandung. Terutama soal implementasi Tri Dharma Perguruan Tingi. 
Menurutnya dengan penandatanganan memo kesepakatan bersama tersebut, dapat dilanjutkan dengan aksi nyata.  Salah satunya yakni dukungan penguatan program Kang Pisman.
“Ini sesungguhnya kerja sama pembaharuan karena sudah ada kerjasama sebelumnya, kerja sama dulu baru pendidikan lalu kajian dan penelitian-penelitian. Untuk ketiga ini yang belum pengabdian di masyarakat,” ungkapnya usai penandatanganan kerja sama di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).
Dikatakannya bahwa kerja sama tersebut, tidak hanya sekadar seremonial, sehingga tidak ada aktivitas atau implemntasinya. Maka pihaknya akan membuat ‘job’ teknis dukungan dari program Kang Pisman.
Mang Oded menginginkan, bahwa perguruan tinggi, tak sekadar ikut mensosialisasikan Kang Pisman, namun turut berinovasi terkait pengelolaan sampah. Seperti pengembangan teknologi pengolahan sampah.
“Saya minta nanti kerja sama ini berlanjut dalam teknis program Kang Pisman, urusan pengelolaan sampah. Mereka merespon positif, seperti ITB atau Polban, ada alat atau teknologinya,” ujarnya.
Selain itu, Ia juga berharap para mahasiswa dari kelima perguruan tinggi itu, dapat terjun langsung mengedukasi masyarakat soal Kang Pisman. Dengan demikian, kolaborasi dengan dunia akademisi akan lebih maksimal.
“Nanti juga ada kerja sama anak mahasiswa yang KKN. Bisa terjun ke masyarakat menyosialisasikan Kang Pisman. Ini saya kira akan luar biasa sehingga kerjasama ini betul-betul membuahkan hal positif,” tambahnya. (Red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *