Sign in

Sign up

17 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

By on April 23, 2019 0 13 Views

BEWARAJABAR.COM — Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain. Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perawatan khusus. Namun bagi kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, cara memutihkan gigi kuning secara alami ini bisa menjadi pilihannya.

Penyebab Gigi Kuning
Sebelum mengetahui cara untuk memutihkan gigi yang kuning agar terlihat lebih putih dan bersih, ada beberapa kebiasaan yang mungkin sering dilakukan sehingga warna gigi menjadi lebih kuning atau bahkan terlihat kotor. Berikut beberapa penyebab gigi kuning:

– Kebiasaan minum teh dan kopi
– Malas menggosok gigi khususnya di pagi dan siang hari
– Terlalu banyak makan permen
– Mengkonsumsi alkohol
– Merokok
– Penggunaan obat tetes mata
– Suka minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen
– Adanya penyakit tertentu

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
Untuk kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, maka tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.Cara alami di bawah ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan gigi putih seperti yang diinginkan.

Berikut cara alami memutihkan gigi yang ampuh dan bisa dilakukan setiap hari:

1. Siwak
Penggunaan siwak mungkin bukan baru kali ini saja. Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu. Fungsinya yang digunakan sebagai alat tradisional pembersih gigi ini ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai pemutih gigi alami.
Caranya, gosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Kamu bisa melakukannya 2-3 kali sehari.

2. Garam
Cara memutihkan gigi dengan garam ternyata menjadi cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur setiap hari. Bahkan kandungan antibakteri yang terdapat di dalam garam juga dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

3. Arang Kayu
Arang kayu yang memiliki kandungan alkali ini mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Kamu bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi. Caranya, ambil secuil arang kayu kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian kamu bisa menyikatkan pada bagian gigi.

4. Lemon
Kandungan asam pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH nya yang seimbang menjadikan buah ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya, ambil 1 buah lemon yang masih segar. Kemudian ambil air perasannya dan campur dengan 1 sendok teh baking soda. Gosokkan dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.

5. Kulit Pisang
Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokan kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

6. Kulit Jeruk
Tidak berbeda jauh dari kulit pisang, kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi kuning hingga memutihkannya. Caranya pun hampir sama, yaitu gosokan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Baking Soda
Baking soda yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ini ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu dapat memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkan noda penyebab gigi kuning. Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup digosokan ke bagian gigi. Kemudian diamkan sekitar 3 – 5 menit setelah itu kamu bisa berkumur-kumur.

8. Cuka Apel
Cuka apel yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan ini ternyata memiliki manfaat yang dapat membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih. Caranya, ambil 1 sendok cuka apel kemudian gosok-gosokan secara metara pada bagian gigi.

9. Stroberi
Siapa yang tak suka makan buah strawberry? Buah yang memiliki rasa sedikit masam ini menjadi buah yang dapat memutihkan gigi secara alami. Selain bisa dikonsumsi setiap hari, kamu bisa memutihkan gigi dengan buah strawberry dengan cara menggosok-gosokan bagian luar buah strawberry ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi kamu.

10. Apel
Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga pencernaan, apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang kuning secara alami. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan buah apel secara langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda-noda kuning pada gigi kamu.

11. Biji Buah Pinang
Biji buah pinang mungkin menjadi salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan sebagai pembersih gigi oleh nenek moyang kita dulu. Biji dari buah ini memiliki kemampuan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Bahkan penggunaan biji buah pinang juga dapat mempertahankan kekuatan gigi secara alami. Caranya, haluskan biji buah pinang terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa langsung menggosokannya ke bagian gigi secara merata.

12. Daun Sirih
Selain biji buah pinang, nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambil 1 – 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

13. Susu
selain bermanfaat untuk menambah asupan kalsium dalam tubuh, susu juga memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari noda kuning. Bahkan kandungan fosfor dan magnesium yang terdapat di dalam susu juga dapat digunakan untuk memperkuat gigi dari dalam. Caranya, kamu cukup mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari.

14. Jahe
Jahe yang memiliki kandungan antibakterian ini ternyata juga dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat gigi semakin putih dan bersih. Caranya, cukup gosok-gosokan jahe ke bagian gigi secara merata saja.

15. Jeruk Nipis
Selain lemon, jeruk nipis juga dapat kamu gunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi yang kuning. Bahkan kandungan antibakterinya mampu menghilangkan kuman penyebab gigi kuning. Caranya, kamu bisa menggosokan jeruk nipis langsung ke gigi atau bisa juga dengan mengambil perasan air jeruk nipis kemudian tambah dengan segelas air dan gunakan untuk berkumur-kumur.

16. Daun Salam
Daun salam yang banyak digunakan sebagai penambah cita rasa alami pada makanan ini juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya, rebus daun salam pada air secukupnya. Kemudian kamu bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur.

17. Daun Mimba
Kandungan azadirahtin yang terdapat di dalam daun mimba dapat digunakan untuk membunuh bakteri peyebab gigi berlubang. Selain itu sifatnya yang mampu mengangkat dan membersihkan noda kuning pada gigi sangat baik digunakan untuk kamu yang ingin memiliki gigi yang lebih putih dan bersih. Caranya, gosokkan daun mimba ke bagian gigi secara merata. Selain itu, ekstrak daun mimba yang bisa dibeli di apotek pun juga dapat kamu manfaatkan sebagai campuran pasta untuk memutihkan gigi yang kuning.

Kini untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih tidak selalu dilakukan dengan perawatan gigi yang mahal. Kamu bisa melakukan cara memutihkan gigi kuning secara alami setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan murah.

  Ragam
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *