Sign in

Sign up

Pemikiran Disdik Jabar Lewat PDK Siswa SMK Mampu Menjunjung Pancasila

By on April 23, 2019 0 51 Views

BANDUNG, BEWARAJABAR.COM — Sebanyak 220 Peserta Siswa jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat, melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Kepemimpinan  Siswa SMK (PDK), dilaksanakan selama 3 hari di hotel kawasan lembang. Dilaksanakan sebagai action atas tujuan Pendidikan Nasional dalam UU No. 20 Tahun 2003 yang menyebutkan Pendidikan Nasional  Berfungsi mengembangkan Kemampuan dan Membentuk watak serta peradaban Bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Agar siswa berpotensi, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, Kreatif dan Mandiri menjadi warga yang Demokratis serta Bertanggung jawab. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa, Dr. Ir. Hj. Dewi Sartika.

Dijelaskan oleh Kadisdik Jabar yang disapa nama akrabnya Ibu Ike, Karakter kepemimpinan tidak menjelma secara Instan, namun dibentuk dengan nilai-nilai dan Pembiasan sejak dini baik di keluarga, sekolah maupun lingkungan.  Jika karakter sudah terbentuk dalam diri maka seseorang mampu menggerakan seluruh potensi diri , karena dalam karakter kepemimpinan meliputi berbagai Dimensi dan berfungsi sebagai salah satu piranti Penggerak Motor dan Motivator Sumber daya yang ada dalam organisasi sehingga  peran kepemimpinan diharapkan mampu mendominasikan kondisi dalam mencapai tujuan, tegas Kadisdik Jabar .

 

Penyampaian lain yang disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Disdik Jabar, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, menjelaskan pada Media terselenggaranya PDK, berlandaskan Hukum dan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013, tentang Standar Kompetensi Kelulusan tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah. Serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 39 Tahun 2008, tentang Pembinaan Kesiswaan.  Juga Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015, tentang Penumbuhan Budi Pekerti, berdasarkan Pemikiran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sebagai tanggung jawab Moral untuk membangun Sistem Pendidikan yang Berkarakter, siswa kelak mampu menjadi Pemimpin yang Berahlakul karimah melalui kegiatan Pendidikan Dasar Kepemimpinan (PDK), agar siswa terbentuk mampu beradaptasi dan membentuk nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari  dengan Fisik dan Mental siswa yang kuat, tegas H. Dodin, seraya menutup Pembicaraannya. (Frd)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *