September 18, 2019

Sign in

Sign up

Melalui Bidang GTK Disdik Jabar Perkuat Kompetensi Guru Virtual

By on September 2, 2019 0 65 Views

Bandung, bewarajabar. com. seiring perkembangan Teknologi dan konektivitas internet, terealisasi metode Guru Virtual sebagai jenis metode pembelajaran yang mempermudah guru dan murid dalam berinteraksi, melalui kegiatan kelas virtual walaupun pada umumnya bukan pengganti  kegiatan mengajar melainkan hanya pendamping pembelajaran yang memanfaatkan internet. Untuk itu lembaga Dinas Pendidikan Provinsi Jawa \Barat, melalui Bidang Guru dan tenaga kependidikan , memberi bimbingan Teknis pelatihan pembelajaran STEM bagi Guru Virtual di Jabar pada bulan Agustus 2019 . ( 2/9/2019).

Sebagaimana penyampaian panitia, terealisasi kegiatan yang di laksanakan bidang guru dan tenaga kependidikan, melalui kegiatan peningkatan kompetensi dan kualifikasi Akademik guru dan tenaga kependidikan, bimbingan teknis pelatihan pembelajaran stem bagi guru virtual Coordinator Training ( Vct ) Provinsi Jabar 2019 , diikuti peserta sebanyak 100 0rang, dari 250 orang yang sudah lulus seleksi Vct di Jawa Barat.

Materi yang diterapkan oleh pejabat struktural Disdik Jabar dan SEAMEO QITEP IN SCIENCE dengan fasilitator dari staf Akademik SEAQIS sudah mendapat pelatihan pembelajaran Sains berbasis STEM. Ujar panitia kegiatan saat ditemui media di Hotel kegiatan . Sementara mode yang diterapkan dengan mode In – On – In. Secara penjabaran mode In -1 dirancang dengan pola 30 jam pelatihan, satu jam pelatihan enam puluh menit, materi pelatihan dibagi tiga kelompok dalam program umum , pokok dan penunjang.

Sedangkan ON – THE – JOB LEARNING ( OJL ), merupakan program praktik dimana peserta kerja, dan setelah mendapat IN -1, peserta akan mendapat pendamping baik secara Online melalui fasilitas VICOM pada saat peserta mengembangkan STEM di sekolahnya,   ataupun tatap muka. Program IN 2 merupakan program yang memfasilitasi peserta  IN 1, dalam mendiseminasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap terbangun serta pengalaman  mengembangkan pembelajaran STEM. Dari hasil kegiatan yang sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP), disampaikan panitia semoga para peserta mampu melaksanakan tugasnya sebagai VCT. ( Farida).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *