September 18, 2019

Sign in

Sign up

Keberhasilan Nelayan Juara harus didukung Teknologi

By on September 12, 2019 0 40 Views

bewarajabar.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Jafar Ismail. Didamping Dekan Universitas Padjadjaran Yudi, serta perwakilan dari PT . Unggul Cipta Teknologi, Mirna A. Salamah, dan Dirut Bapak Lee menjelaskan terkait Program unggulan Laut Juara, Gudang Ikan juara dan Nelayan Juara.

Sebagai sumber kehidupan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan Pemanfaatan sumber daya perairan. Guna mencapai program gubernur jabar, H.M. Ridwan Kamil.  Untuk terciptanya manusia yang unggul dibidang perikanan sebagai mata pencaharian Nelayan. Kata Jafar Ismail menyampaikan pada media di area halaman Museum Gedung Sate Bandung.  (12/9/2019).

Menurutnya Jabar berpotensi Laut Utara dan Selatan, kaya dengan ikan dan Nelayan Jabar dikenal Nelayan yang paling berani terbiasa dengan ombak besar, namun untuk keberhasilan harus diperkuat dengan Teknologi.  Selain alat bantu tangkap yang menjadi Prioritas untuk perlindungan dan keselamatan nelayan agar menghasilkan ikan berlimpah, mampu mendeteksi ikan dimana berada, mendapatkan ikan tanpa cara yang mengundang penyakit juga mampu mengatasi dan memberi sinyal saat terjadi kecelakaan nelayan dilaut. Tentunya tidak diabaikan juga terkait persyaratan para nelayan yang harus bersertifikat, ujar Kadis Perikanan.

Saat ini sudah ada 156 Nelayan yang dilatih untuk menjadi nakhoda. Sejalan dengan Perda nomor 12 tahun 2011, tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan. Juga sebanyak 115 ribu nelayan yang diasuransikan oleh pemerintah untuk jangka waktu setahun, selanjutnya sudah banyak yang masuk Asuransi Mandiri  sebanyak 2489 orang  dalam data.

Sebagai pendukung, saat ini salah satu perusahaan tepatnya PT . Unggul Cipta Teknologi, yang berlokasi di Cikande Kabupaten Serang Banten. Sebagaimana Visi dan Misinya disampaikan oleh Mirna  A . Basalamah   sebagai senior marketing manager ingin menjadi perusahaan ICT terkemuka di Indonesia lewat Brand Produknya yaitu Yukom. diciptakan untuk membantu nelayan  melalui  alat tangkap perlindungan dan keselamatan nelayan yang dapat digunakan dengan mudah dan efisien, guna mewujudkan tata kelola perikanan sehingga nelayan berkontribusi nyata mewujudkan Program Gubernur Jabar yaitu nelayan juara, kata Mirna . ( farida) .

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *