Sign in

Sign up

Berlibur Satgas Sektor 9 Bareng DLHK Dan Penggiat Lingkungan Bersihkan Jalur Cililin – Cihampelas

By on Desember 2, 2019 0 75 Views

Bandung Barat, bewarajabar.com- Dua truk sampah yang berada di jalur Cililin – Cihampelas berhasil diatasi satgas Citarum bersama DLHK Kab. Bandung Barat serta ratusan penggiat lingkungan dlm kegiatan Berlibur ( Bebersih Keliling Lembur), kemaren Minggu (1/12).

Kegiatan diawali dengan apel bersama di alun alun Cililin, selain ratusan penggiat lingkungan dari puluhan kelompok, tampak hadir Dansub I Satgas Citarum sektor 9 Serka Tatang bersama anggota, Kapolsek Cililin AKP Dadan MD Saputra, Camat Cililin H Endang serta Kabid Kebersihan DLHK Bandung Barat Maryati.

Sementara dari kelompok penggiat lingkungan hadir GM FKPPI Padalarang, Ecovillage Laskar Mentari, Pepelingasih Jabar, OI Bandung Lautan Api, Nallaktak, Keluarga Rimba, PPKA Wanareksa, UBBAR, Ecovillage Kukun, Ecovillage Mekarsari Dll,

Selanjutnya peserta dibagi menjadi dua kelompok sesuai dengan sasaran kewilayahan, untuk wilayah Cihampelas ada dua titik yang menjadi fokus kegiatan yaitu di Sarongge dan Pataruman.

Menurut Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud bahwa, ” satgas Citarum sektor 9 sangat mengapresiasi kegiatan berlibur (Bebersih Keliling Lembur).

” Dengan masih banyaknya sampah yang dibuang tidak pada tempatnya dan berhasil dibersihkan, sudah saatnya kita memikirkan supaya disetiap Desa dibangun TPS3R, supaya warga bisa memilah sampahnya sebelum dibuang,” Ujar Dansektor 9.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan Berlibur ini masyarakat di KBB khususnya yang masuk kedalam wilayah sektor 9, bisa bersama sama bersinergi untuk membuat KBB ini menjadi bersih dan nyaman.

” Tidak hanya sebatas seremonial saja, tetapi kegiatan ini harus membudaya dan menjadi karakter warga KBB, bersih Bandung Barat, Bersih Hatinya, dan bersih lahir batin,” Ucap Kolonel Inf Amir Mahmud.

” Kegiatan ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk selalu mengajak warga masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.

” Mari kita bangun peradaban baru, hadirkan kebersihan disetiap wilayah KBB, jadikan Bebersih Keliling Lembur ini menjadi tradisi dan rutinitas,” ajak Dansektor 9.

Sementara itu, salah satu relawan yang ikut serta bersama satgas Citarum dan DLHK KBB, Ai Maryani dari Ecovillage Laskar Mentari mengatakan,” apabila disetiap wilayah masyarakatnya sudah sadar utk menjaga lingkungan, maka tidak akan ada sampah yang menumpuk dipinggir jalan”.

” Hari ini kegiatan Berlibur sangat luar biasa, selain adanya DLHK sebagai pencetus Berlibur, kehadiran satgas Citarum juga membawa semangat lebih, kami datang dari Desa Laksana Mekar ikut andil dalam kegiatan disini semata mata karena kepedulian dan kebersamaan menata KBB bersih,” Ungkapnya.

Sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai ratusan Karung dari dua wilayah Cililin dan Cihampelas, langsung diangkut menggunakan dua truk yang disiapkan DLHK KBB untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.
(Pendam III/Siliwangi).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan