Penataan Ruang Terbuka Hijau KanHay Sudah 90%

0

Bandung, bewarajabar.com — Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) KanHay yang terletak di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru telah mencapai 90 persen. Dalam waktu dekat, lokasi ini sudah bisa digunakan downhill bagi para pesepeda.

“Pemanfaatan RTH milik Pemkot Bandung ini kita lakukan penghijauan. Dilihat dari kontur yang ada, ini layak untuk dibuat trek downhill. Alhamdulillah progresnya 90 persen tanpa tebang pohon,” tutur Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ketika meninjau penataan RTH KanHay, Senin (24 Agustus 2020).

Baca Juga :  Gairahkan Sektor Ekonomi, Pemkot Bandung Gelar Pasar Kreatif di 9 Pusat Perbelanjaan

Ia yakin kawasan tersebut mampu menjadi tempat favorit masyarakat, khususnya para pecinta sepeda downhill. “Tempat favorit rider downhill. Insyaallah Bandung kota besar, kita punya lahan luas arena donwhill cukup panjang sampai 4 km. Treknya menantang dan cukup jauh,” tuturnya.

Ide terbentuknya RTH menjadi sarana olahraga, datang dari para pegiat sepeda khususnya yang bergerak di jenis Mountain Bike (MTB). Mereka menyodorkan konsep pemanfaatan lahan menjadi arena lintasan sepeda MTB. Harapannya, lintasan tersebut bisa penunjang prestasi olahraga.

Baca Juga :  Serlok Bantaran Layak Jadi Destinasi Wisata Alam

Tak hanya itu, selama ini Kota Bandung belum memiliki lintasan sepeda. Sehingga peluang untuk mengembangkan potensi atlet sepeda asal Kota Bandung yang kini jumlahnya semakin banyak bisa semakin besar.

Para pegiat sepeda gunung memang sudah memanfaatkan lahan kosong di Blok Garung Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru sebagai lintasan. Mereka juga yang kemudian memberi nama Kanhay.H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here