Personil Siaga SAR Brimob Jabar Cek Debit Air Dan Arus Sungai Cipager Antisipasi Potensi Bencana

0

Cirebon, bewarajabar.com. – Tim patroli siaga SAR Kompi 1 Batalyon C Pelopor yang dipimpin Aipda Agus Ridho Prihatna bersama 2 personil lainnya mengecek ketinggian air dan arus sungai tepatnya di Sungai Cipager, yang memasuki wilayah Kecamatan Talun ,Kabupaten Cirebon setelah terjadinya hujan lebat yang terjadi tadi malam.

Bripka Anto dan Brigadir Suhendi yang turun langsung melaksanakan pengecekan ke beberapa pintu air menyampaikan, setelah terjadi hujan lebat yang terjadi tadi malam kondisi arus dan debit air di Sungai Cipager ini masih dalam status Normal. Selain itu untuk potensi bencanapun masih bisa dikatakan sangat minimal ini karena tidak adanya rumah warga yang dibangun disepanjang aliran sungai sehingga bencana banjir maupun tanah longsor yang terdampak nantinya.

Warga masyarakat yang jauh dari sungai pun tetap kami himbau untuk selalu waspada dan siaga dengan segala potensi bencana yang kapan saja bisa terjadi di tengah musim penghujan seperti saat ini. Selain itu, Bripka Anto juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghilangkan kebiasaan membuang sampah secara sembarangan ke sungai, hal inilah yang menjadi penyebab utama air meluap ke daratan akibat terhambatnya arus air yang mengalir.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa “tindakan yang dilakukan jajarannya dalam melaksanakan pengecekan debit air sehingga jajarannya bisa memetakan daerah mana saja yang potensi banjirnya besar sehingga cepat direspon dengan mendirikan tenda siaga SAR sehingga cepat dalam penanganannya”, jelas Dansat.

Lebih lanjut, Dansat Brimob menyampaikan “jajaran personil Brimob Polda Jabar akan terus memantau dan menyiagakan para personilnya guna memantau perkembangan potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di seluruh wilayah Jawa Barat ini. Ini adalah bentuk pelayanan prima dan kesiapsiagaan dan kepedulian Korps Brimob Polri untuk keselamatan seluruh warga masyarakat”.

Baca Juga :  Dansat Brimob Polda Jabar Ikuti Vicon Kapolri Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana ″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Tinggalkan Balasan