Sign in

Sign up

  • Home
  • Nasional
  • Soal Lansia, Mantan Wagub Minta Daerah Lain Tiru Kota Bandung
27 Desember 2019

Soal Lansia, Mantan Wagub Minta Daerah Lain Tiru Kota Bandung

By admin@bewara 0 129 Views

BANDUNG, bewarajabar.com — Ketua Lembaga Lanjut Usia (LLI) Provinsi Jawa Barat, Nu’man Abdul Hakim mengaku salut dan sangat mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang memberikan perhatian besar kepada warga lanjut usia (lansia). Bahkan ia meminta daerah lain untuk mencontoh Pemkot Bandung soal lansia.

“Kota Bandung berperan aktif dalam pemberdayaan lansia. Terbukti dengan berbagai kegiatannya. Tak heran jika Kota Bandung banyak meraih penghargaan,” kata Nu’man saat acara Musyawarah Daerah LLI Kota Bandung, di Gedung Binangkit, Kamis (26/12/2019). Menurut mantan Wakil Gubernur Jabar ini, perhatian tersebut harus menjadi spirit bagi LLI Kota Bandung. Para pengurus harus bisa lebih aktif memberdayakan para lansia di Kota Bandung.

“Pengurus harua lebih aktif lagi berkegiatan. Harus lebih banyak lagi kegiatan pemberdayaannya,” pinta Nu’man.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana membuka acara Musyawarah Daerah Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kota Bandung, di Gedung Binangkit, Kamis (26/12/2019). Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) memberikan perhatian khusus bagi LLI Kota Bandung, seperti di tahun 2019, Pemkot menghibahkan sebesar Rp 478 juta untuk kegiatan pemberdayaan lansia. Kota Bandung berperan aktif dalam pemberdayaan lansia. Terbukti dengan berbagai kegiatan dan penghargaan yang diraih, tak hanya itu Pemkot Bandung memfasilitasi lansia dengan hadirnya taman lansia beserta fasilitas fasilitas lainnya.*

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana membuka acara Musyawarah Daerah Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kota Bandung, di Gedung Binangkit, Kamis (26/12/2019). Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) memberikan perhatian khusus bagi LLI Kota Bandung, seperti di tahun 2019, Pemkot menghibahkan sebesar Rp 478 juta untuk kegiatan pemberdayaan lansia. Kota Bandung berperan aktif dalam pemberdayaan lansia. Terbukti dengan berbagai kegiatan dan penghargaan yang diraih, tak hanya itu Pemkot Bandung memfasilitasi lansia dengan hadirnya taman lansia beserta fasilitas fasilitas lainnya.* (Foto: HumasBandung)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menegaskan, Pemkot Bandung akan selalu memberikan perhatian kepada warga Lanjut Usia (lansia). Sebagai salah satu buktinya, Pemkot Bandung memberikan hibah sebesar Rp478 juta kepada LLI untuk kegiatan pemberdayaan lansia.

“Tahun ini hibah Rp478 juta cukup besar dibandingkan daerah lain. Hibah ini banyak digunakan untuk kegiatan ataupun aktivitas pemberdayaan lansia,” ujarnya.

Wakil wali kota mengatakan, Pemkot Bandung selalu berusaha agar para lansia bwrkegiatan produktif. Sehingga para lansia tetap sehat dan mandiri. “Tahun depan tidak kurang dari itu. Insyaallah kita upayakan dengan akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tak hanya anggaran, Pemkot Bandung juga memberikan perlindungan hukum kepada para lansia. Yana mengungkapkan, Pemkot Bandung telah melakukan kajian akademis untuk Kota Bandung Ramah Lansia.

“Kita sudah melakukan kajian akademis utuk Kota Bandung ramah lansia. Insyaallah tahun depan dibahas oleh dewan (DPRD). Mudah-mudahan kalau itu bisa maka infrastruktur untuk para lansia dipenuhi,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua LLI Kota Bandung, Lili Suwarli Abdullah mengatakan, akan melanjutkan dan menyinergikan program yang ada dengan Pemkot Bandung. Ia juga berharap, lansia bisa terus sejahtera.

“Kita harap adanya legal aspek seperti peraturan mengenai lansia yang tertuang dalam Undang-undang 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia,” tuturnya. (*)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *