Wakil Wali Kota, “Kebersihan dan Kesehatan Harus Bisa Diatasi di Kewilayahan”

0

Bandung, bewarajabar.com — Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memuji RW 01 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik soal Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Pasalnya, TPST di wilayah tersebut mampu mengelola sampah dengan hasil yang bermanfaat.

“Pemkot Bandung sangat mengapresiasi. Wilayah ini bisa menyelesaikan sampah dengan baik,” kata wakil wali kota saat meninjau TPST RW 01 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Senin (14 September 2020).

Ia mengatakan, sampah memang harus diselesaikan di tingkat kewilayahan. Hal itu agar jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bisa semakin sedikit. Dengan demikian, bisa menghemat biaya “tipping fee”.

Baca Juga :  Kang Pisman, WTP, Hingga Pembagian Anak Ayam di Tengah Terpaan Covid-19

Selain itu, sampah juga bisa diolah menjadi barang ekonomis. “Pola seperti ini ditularkan diwilayah lain. Sampah bisa dimanfaatkan, menjadi nilai ekonomi. Anggaran tipping fee itu bisa alihkan untuk program lain kesejahteraan masyarkat,” katanya.

Selain meninjau TPST, wakil wali kota juga meninjau UPT Puskesmas Arcamanik. di sana, Yana memberikan dukungan moral kepada pada petugas yang tengah melayani masyarakat.

“Pengelolannya harus baik, sehingga pelayanan kesehatan bisa diberikan dengan prima kepada masyarakat,” pintanya.

Baca Juga :  Bersatu Bersihkan Sungai Citarum Kolot

Ia pun berharap puskesmas yang berada di kota Bandung mampu seperti yang berada di Arcamanik dengan berbagai pelayanan kesehatan.

Di Puskemas Arcamanik terdapat sejumlah layanan. Di antaranya pemeriksaan umum, pemeriksaan ibu hamil, imunisasi, pemeriksaan gigi dan mulut, konseling gizi, konseling sanitasi, konseling sahabat remaja, konseling berhenti merokok, pemeriksaan lansia dan laboratorium.

Atas hal tersebut, wakil wali kota berharap warga tak perlu dirujuk ke ke rumah sakit. “Jika pelayanan bisa diatasi oleh puskesmas, saya pikir tidak perlu rujuk ke rumah sakit. Persoalan kesehatan di sini bisa selesai. Asalkan pengelolaan dengan baik sehingga pelayanan kesehatan lebih prima,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here