Sign in

Sign up

Juni 10, 2019

Wali Kota, “Segera Bangun Lapak Sementara Pedagang Pasar Ujungberung”

By admin@bewara 0 104 Views

BANDUNG, BEWARAJABAR.COM — Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memerintahkan PD Pasar Bemartabat untuk segera menyiapkan lahan untuk tempat penampungan sementara pedagang Pasar Ujungberung yang terdampak kebakaran. Hal itu agar para pedagang bisa segera kembali berdagang.

“Saya minta ada lahan untuk mereka (pedagang) dan dibuatkan tempat jualan sementara,” ujar wali kota usai meninjau Pasar Ujungberung yang terbakar, Senin (10/6/2019).

Wali kota juga meminta kepada aparat kewilayahan dan pihak terkait bersinergi untuk menanggulangi masalah tersebut. “Mudah-mudahan cepat tanggap. Pak camat, Dirut PD Pasar dan sebagainya, secepatnya membantu agar pedagang tak terlalu lama berhenti berdagang,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman mengatakan, total kios yang terdampak kebakaran berjumlah 88 kios. Untuk penampungan pedagang sementara, PD Pasar Bermartabat akan menggunakan lahan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung yang lokasinya tak jauh dari pasar.

“Alhamdulilah Dishub meminjamkan lahan untuk digunakan lapak sementara. Nanti kita akan rapihkan. Tetapi seperti toko mas dan sebagainya tidak mungkin untuk menempati tempat berjualan sementara, karena stok dan lain halnya,” jelas Andri.

Namun di atas lahan tersebut, hanya mampu menampung 54 kios. Sisanya, tidak bisa ditampung karena ukuran lapaknya hanya 2×2 meter. Solusinya, PD Pasar Bermartabat akan membantu membenahi kios agar kios segera bisa ditempati.

“Ya kita bantu sebisa mungkin. Mulai dari membersihkan puing-puing agar bisa berdagang kembali,”katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga sempat meninjau lokasi kebakaran. Saat meninjau, ia kembali mengingatkan kepada warga pasar tradisional di Kota Bandung untuk lebih berhati-hati soal instalasi listrik.

Ia juga telah berkoordinasi dengan PD Pasar Bermartabat untuk menyiapkan tempat penampungan sementara. ***

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: