Menu

Mode Gelap
Kasus ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Mengakibatkan 18 Korban, Begini Kata Kadisdik Jabar Sebanyak 18 Siswa Menjadi Korban ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Cek Selengkapnya Ramalan Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Sabtu 15 Januari 2022 How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It

Regional · 12 Apr 2021 22:58 WIB

DPRD Jabar: Musrenbang 2022 Jawa Barat Prioritaskan Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat


 Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Musrenbang Jawa Barat Tahun 2022, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). (Foto : Budi/Fajar/Humas DPRD Jabar). Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Musrenbang Jawa Barat Tahun 2022, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). (Foto : Budi/Fajar/Humas DPRD Jabar).

Bandung, Bewarajabar — Belum berakhirnya pandemi covid-19 menjadikan upaya pemulihan atau recovery ekonomi sebagai salah satu prioritas pembangunan di Jawa Barat. Selain itu fokus pada upaya memaksimalkan kesehatan masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19, dan memaksimalkan jaringan pengaman sosial serta memastikan kesiapan stok pangan di daerah.

Sementara itu pada sisi lain masalah pokok pembangunan Jawa Barat masih dihadapkan pada sejumlah permasalah di antaranya masih tingginya tingkat kemiskinan, pengangguran, masalah sosial dan keamanan, masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, masih belum optimalnya pelayanan infrastruktur, pelambatan pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kerusakan dan pencemaran lingkunganm, dan masih belum optimalnya kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat memberikan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Jawa Barat Tahun 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021).

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Musrenbang Jawa Barat Tahun 2022, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). (Foto : Budi/Fajar/Humas DPRD Jabar).

“Persoalan tersebut kemungkinan masih akan mengalami peningkatan melihat situasi pandemi yang tidak kita ketahui kapan berakhir. Artinya kita harus benar-benar bisa mengantisipasi beragam kemungkinan”kata Taufik.

Taufik mengatakan, Musrenbang merupakan landasan dan acuan sebuah program pembangunan mengedepankan musyawarah untuk saling memberikan masukan dalam perencanaan pembangunan, yang diselaraskan dengan karakteristik daerah masing-masing.

“Kami memberikan apresiasi kepada Bappeda yang bersama-sama stake holder pembangunan lainnya secara serius telah melaksanakan proses perencanaan yang sejak awal telah mengedepankan musyawarah dan mufakat”ucap Taufik.

Taufik menambahkan, terdapat 7 prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 yang juga menjadi acuan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Prioritas tersebut lanjut Taufik, sejalan dengan fokus pembangunan bagi industri, pariwisata, ketahanan pangan, umkm, infrastruktur, transformasi digital, pembangunan rendah karbon, reformasi kesehatan, reformasi perlindungan sosial, dan reformasi pendidikan dan keterampilan.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Musrenbang Jawa Barat Tahun 2022, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). (Foto : Budi/Fajar/Humas DPRD Jabar).

“Disinilah pentingnya sinergi rencana pembangunan antara level pemerintahan dan  perangkat daerahnya serta pentingnya pendekatan kewilayahan, yang tidak lain untuk mencapai target pemulihan ekonomi pada 2022” kata Taufik.

“Kami berharap daerah di Jawa Barat perlu mengkaji potensi masing-masing wilayahnya yang dapat digali atau dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan dan transformasi ekonomi untuk meningkatkan daya saing, daya beli serta produktivitas di masa-masa pandemi yang tentunya membutuhkan kreativitas penyelenggara pemerintahan”imbuhnya.

Lebih lanjut Taufik menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan dan dorongan untuk setiap kebijakan pembangunan yang akan diambil. Terlebih apabila kebijakan tersebut didasarkan pada proses yang mengedepankan dialog serta sinergitas diantara pelaku pembangunan.

“Harapan kami, semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini, memberikan manfaat bagi kita semua juga terselenggaranya pembangunan yang berkeadilan di Jawa Barat. Semoga kita semua dapat melalui pandemi covid-19 ini dengan segala daya upaya dan optimisme yang kita miliki”pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Ini Fasilitas dan Keuntungan Berwisata ke Museum Geologi Bandung

19 Januari 2022 - 22:08 WIB

Kota Bandung Mendapat Penghargaan Standar Pelayanan Publik Tinggi, Berkat Aplikasi yang Dibuat Pemkot Bandung

19 Januari 2022 - 21:48 WIB

Bukti Toleransi yang Tinggi di Kota Bandung, Kini Sudah Ada 5 ‘Kampung Toleransi’

19 Januari 2022 - 14:52 WIB

Terkait Arteria Dahlan yang Mempermasalahkan Penggunaan Bahasa Sunda, Ini Kata Kang Yana

19 Januari 2022 - 13:49 WIB

Akan Ada 10 Saung Tenaga Surya di Taman Tegalega Kota Bandung, Pengunjung Bisa Menikmati Fasilitas Ini

19 Januari 2022 - 13:45 WIB

Banyaknya Warga yang Tidak Mendapat Bantuan di Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna Minta Puskesos Agar Lebih Teliti

19 Januari 2022 - 12:57 WIB

Trending di Regional