Konferensi Mahasiswa Papua Gelar Aksi Desak DPR RI serta pemerintah Sahkan DOB dan Dukung Otsus Jilid II Papua

oleh
Konferensi Mahasiswa Papua Gelar Aksi Desak DPR RI serta pemerintah Sahkan DOB dan Dukung Otsus Jilid II Papua

Bewarajabar | Jakarta – Konferensi Mahasiswa Papua (KMP) Jabodetabek menggelar aksi damai mendesak DPR RI dan pemerintah pusat untuk segera mengesahkan Daerah Otonomi Baru (DOB) serta mendukung Otoritas Khusus (Otsus) Jilid II Papua.

Gerakan aksi tersebut dilaksanakan di Komplek DPR/MPR RI dan Kementerian Dalam Negeri, pada Selasa, (31/05).

Sebelumnya, sebagaimana diketahui, DPR RI telah menerima Surat Presiden (Surpres) dari pemerintah terkait pembahasan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua. Yaitu, terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Surpres tersebut diberikan ke DPR pasca telah disahkan sebagai RUU usul inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna pada Selasa (12/4/2022) lalu.

Dalam RUU tersebut disebutkan Provinsi Papua Selatan akan menjadikan Merauke sebagai ibu kota, kemudian ibu kota Provinsi Papua Tengah akan berada di Timika, dan ibu kota Provinsi Papua Pegunungan Tengah adalah Wamena.

Kemduian, hal tersebut mendapat respon aktif dari kalangan pemuda Papua yaitu Konferensi Mahasiswa Papua (KMP) wilayah Jabodetabek untuk membentuk suatu gerakan aksi damai mendukung serta mendesak DPR RI segerah mengesahkan DOB Papua.

Tidak hanya itu, KMP juga menyatakan sikap mendukung Otsus Jilid II dan meminta agar pemerintah segera untuk merealisasikannya demi pemerataan pembangunan di tanah Papua.

Adapun yang menjadi tuntutan aksi Konferensi Mahasiswa Papua (KMP), yaitu: