Penanganan Pandemi Covid-19 Butuh Nilai-Nilai Pancasila

oleh

“Kita harus gotong royong, ini salah satu nilai luhur dalam Pancasila. Dengan adanya suatu kebersamaan, segala sesuatu beban berat akan terselesaikan,” ucapnya.

Untuk memelihara nilai-nilai Pancasila, terang Bambang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga kerap mengadakan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap Pancasila.

Melalui berbagai kegiatan, Pemkot Bandung mendrong generasi muda memiliki rasa kepemilikan terhadap butir-butir sila dalam Pancasila untuk diimplementasikan dalam kehidupannya.

“Bagaimana mereka bisa hidup bermasyarakat berbangsa-bernegara sehingga memiliki jiwa bangsa, menumbuhkan rasa percaya diri,” ujarnya.

“Perlu adanya suatu dialog agar mereka juga bisa mengembangkan apa maksudnya Pancasila, apa itu BPUPKI, bagaimana lahirnya dan sejarahnya,” imbuhnya.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Bambang menyebut harus menjadi momentum untuk menyamakan kembali tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia dengan berdasar kepada lima sila.

“Mudah-mudahan para generasi milenial sebagai ujung tombak bangsa dan negara ini mereka akan lebih memahami kembali Pancasila,” harapnya.

Pada 1 Juni 2021, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual dan terpusat. Hal tersebut dilakukan lantara wabah virus corona masih mengintai.

Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung upacara dari Gedung Pancasila, Jakarta, dan diikuti seluruh kementerian, lembaga, termasuk gubernur, dan bupati/wali kota se-Indonesia.