1 SSR Tim SAR Batalyon B Pelopor Siaga Di Posko SAR Batalyon B Pelopor Cipanas

oleh

Cianjur, bewarajabar.com – Dalam rangka menyikapi perkembangan situasi cuaca yang sudah musim penghujan, tidak menutup kemungkinan segala bencana akan datang secara tiba-tiba, oleh karena itu guna mengantisipasi hal tersebut, Jajaran anggota Kompi 3 Batalyon B Pelopor menyiagakan 1 SSR Tim SAR dibawah pmpinan Aiptu Indu Karyono, guna memantau perkembangan situasi cuaca, karena tidak menutup kemungkinan dapat terjadi suatu bencana yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu Tim SAR disiagakan agar selalu memantau perkembangan situasi dilapangan melalui berbagai media informasi yang saat ini sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi ter-update terkait situasi diluar.

Sementara itu, Komandan Kompi 3 Iptu Apep Yusup Maolana, S.E., M.H., Menyampaikan ” Dengan adanya Tim SAR yang bersiaga di Posko SAR, diharapkan seluruh personil yang disiagakan agar bisa update dalam mengetahui berbagai perkembangan situasi dan informasi di lapangan yang sekarang sudah banyak diinformasikan di berbagai media seperti media elektronik, media sosial, media online dan masih banyak lagi, ” ujarnya.

Dalam pelaksanaan selama siaga SAR kali ini, Personil Tim SAR Kompi Batalyon B Pelopor melakukan pengecekan perlengkapan SAR agar siap digunakan bila saatnya tim SAR dibutuhkan di lapangan.

Aipda Indu Karyono mengungkapkan “disamping kita bersiaga di Posko SAR, kami Tim SAR juga melakukan Pengecekan alat-alat SAR, seperti tali, kendaraan, senso, dan alat lainnya dimaksudkan untuk memastikan kesiapan peralatan SAR yang akan digunakan bilamana tim SAR diterjunkan ke lapangan alat yang digunakan dapat berfungsi dengan baik, ” ucapnya.

Ditempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menegaskan, ” Kegiatan Siaga SAR yang dilaksanakan oleh jajaran Satuan Brimob Polda Jabar adalah bentuk kesiapsiagaan dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah Jawa Barat, sehingga kita dapat sedini mungkin dan dapat bergerak dengan secapat mungkin, ” ungkapnya.

Menambahkan, “jika masyarakat melihat atau menemukan informasi terkait bencana seperti pohon tumbang, banjir, longsor maupun yang lainnya sesegera mungkin untuk melaporkan kepada pihak berwajib maupun instansi terkait agar dapat segera di tanggulangi, dan kami Brimob juga akan siap membantu jika terjadi bencana alam.”, Ucap Yuri Karsono, S.I.K.**