Apa itu NFC pada HP? Ini Fungsi Canggihnya

0
Apa itu NFC pada HP Ini Fungsi Canggihnya

Bewarajabar.com – Semakin meningkatnya kebutuhan manusia terhadap smartphone, hal ini membuat banyak produsen meningkatkan fitur dan kualitasnya agar tidak kalah saing dengan merek dagang lainnya. Salah satu fitur yang sedang naik daun digunakan oleh pengguna ponsel pintar adalah fitur NFC. Namun tahukah Anda apa itu NFC pada HP dan fungsinya untuk kegiatan sehari-hari?

Sebagai pecinta smartphone canggih tentunya Anda harus mengetahui pengertian dan fungsi dari NFC agar tidak ketinggalan zaman dan bisa menggunakan fitur ini semaksimal mungkin. Nah untuk mengetahui apa itu NFC pada handphone dan beragam fungsinya yang bermanfaat, yuk intip setiap ulasan yang akan kami bahas di bawah ini.

Pengertian NFC pada Smartphone

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi dari adanya fitur NFC pada ponsel, Anda wajib mengetahui terlebih dulu pengertiannya. Jadi, NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication. Fitur canggih ini digunakan untuk memudahkan penggunanya melakukan segala jenis transaksi digital secara sederhana dan tidak ribet.

Selain digunakan untuk bertransaksi, ternyata fitur NFC ini juga memiliki fungsi dan peran lainnya yang bisa Anda ketahui dari penjelasan yang akan kami kupas habis dibawah ini. Penasaran apa saja fungsi dari fitur ini? Let’s check this out!

Fungsi NFC pada Smartphone

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, hal ini sejalan dengan hadirnya fitur NFC yang didesain oleh produsen smartphone terkenal. Dan berikut ini adalah fungsi dari NFC yang harus Anda ketahui untuk memaksimalkan penggunaannya.

1.     Memudahkan untuk Terkoneksi ke Jaringan Internet

Jika Anda sering mengalami kendala untuk terhubung ke internet maka kini Anda tidak perlu khawatir, pasalnya sudah ada ponsel pintar yang memiliki fitur NFC. Layanan ini berguna untuk memudahkan penggunanya terhubung ke jaringan internet seperti Wi-Fi. Anda hanya perlu menempelkan smartphone ber- NFC maka otomatis akan langsung tersambung ke Wi-Fi tanpa harus menggunakan sandi.

2.     Memindahkan Data ke Komputer

Selain HP, ternyata kini komputer juga sudah ada yang memiliki fitur NFC. Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagi data tanpa perlu repot memakan waktu lama. Cukup sambungkan laptop dengan ponsel yang memiliki fitur NFC, lalu Anda bisa memindahkan banyak data sepuasnya dengan cepat.

3.     Melakukan Pembayaran

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya tentang apa itu NFC pada HP, ternyata fitur ini sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam melakukan segala jenis pembayaran. Hal ini karena Anda dapat menghubungkan kartu debit atau kredit ke smartphone yang memiliki fitur NFC sehingga nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan dompet jika hendak melakukan transaksi.

4.     Mengirim Nomor Ponsel

Untuk mengirim nomor ponsel dengan mudah, kini Anda tidak perlu lagi repot karena semuanya bisa dilakukan dengan sederhana menggunakan fitur NFC. Namun dalam prosesnya Anda hanya bisa berbagi nomor ponsel dengan smartphone yang sudah memiliki fitur yang sama.

5.     Mengirim Data ke Smartphone Lain

Sama halnya dengan mengirim data ke komputer, Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk mengirim banyak salinan file ke ponsel lainnya. Biasanya Anda cukup menempelkan bagian belakang HP dengan HP lain hingga semua data selesai dipindahkan. Mudah sekali bukan?

6.     Menyarankan Aplikasi

Kegunaan fitur NFC lainnya adalah untuk menyarankan aplikasi ke pengguna smartphone lain. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para gamers yang senang berbagi rekomendasi pilihan aplikasi game yang seru. Jadi jika Anda hobi bermain game sangat direkomendasikan agar Anda mencoba ponsel pintar yang memiliki fitur ini.

7.     Menjalankan Aplikasi di Smartphone Lain

Siapa sangka NFC juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi di smartphone lain. Tentunya fungsi ini sangat menguntungkan Anda agar bisa memainkan banyak aplikasi teman tanpa perlu menginstall aplikasi tersebut. Hal ini dapat mengurangi penggunaan RAM di aplikasi ponsel, semakin praktis dan mudah digunakan.

8.     Membuka Kunci Pintu

Tidak hanya ketujuh fungsi NFC di atas, ternyata fitur canggih ini juga bisa digunakan untuk membuka kunci pintu dengan cepat. Caranya terbilang mudah karena Anda hanya perlu mengaktifkan fitur NFC lalu dekatkan dengan perangkat lain seperti pintu kamar hingga pintu mobil dan secara otomatis akan terbuka.

Nah jika Anda ingin merasakan beberapa manfaat menggunakan NFC yang super canggih dan membuat semua aktivitas berjalan lebih mudah, sekarang saatnya Anda mengganti ponsel lama Anda dengan ponsel baru dari Realme 8 yang akan memanjakan Anda dengan segudang fitur menarik lainnya.

Sebagai salah satu smartphone yang memiliki fitur NFC, Realme 8 hadir khusus untuk Anda yang hobi melakukan transaksi digital seperti membayar e-toll dan jenis transaksi lainnya. Anda dapat dengan mudah menemukan Realme 8 di Blibli dengan berbagai promo menarik.

Blibli adalah marketplace terpercaya yang ada di Indonesia dan menyediakan berbagai produk original dengan harga yang ramah di kantong. Bahkan Realme 8 pun bisa Anda beli dengan harga Rp. 3.240.000 hingga Rp. 3.680.000 ditambah diskon potongan harga hingga 18%. Selain alat elektronik, Blibli juga menawarkan kategori barang menarik lainnya.

Blibli banyak dipercaya oleh jutaan masyarakat Indonesia karena memiliki interface yang user friendly sehingga siapa saja dapat menggunakannya dengan mudah tanpa batasan usia. Anda dapat menambahkan banyak barang ke keranjang untuk membantu menemukan pilihan produk yang ingin dibeli. Bahkan aplikasi Blibli ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store.

Dengan demikian, sekarang adalah giliran Anda untuk merasakan fitur NFC yang ditawarkan oleh Realme 8 ini dengan membelinya di Blibli. Setelah mengetahui apa itu NFC pada HP dan fungsinya, kini Anda harus bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik agar tidak ketinggalan zaman. Yuk segera kunjungi Blibli dan dapatkan smartphone Realme 8 sekarang juga.

Tinggalkan Balasan