Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung Kembali Terima Penerbangan Domestik

0

Bandung, bewarajabar.com — Pesawat Boeing 737 milik Lion Air dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, menjadi pesawat pertama yang mendarat di Kota Bandung sejak rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara ditata ulang. Pendaratan pertama itu disaksikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Kamis (20 Agustus 2020).

Wakil wali kota memberikan rangkaian bunga kepada pilot dan awak pesawat sebagai ucapan selamat datang. Hal itu menandai Kota Bandung kembali membuka rute penerbangan domestik dengan pesawat jet.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengucapkan terima kasih dan apresiasi penerbangan perdana dengan pesawat berbadan lebar dari Makassar dan ternyata alhamdulillah okupansinya cukup banyak,” ungkap wakil wali kota.

[irp]

Ia bersyukur karena okupansi pesawat yang cukup tinggi, sekaligus menjadi sinyal bangkitnya sektor pariwisata di Kota Bandung. “Mudah-mudahan ini awal dari kebangkitan pariwisata lokal,” katanya.

Wakil wali kota berharap pembukaan penerbangan pesawat jet bisa berlanjut sehingga roda ekonomi Kota Bandung bisa bankit. Selama ini sektor pariwisata menyumbang sekitar 30 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung.

“Kita menyambut baik kalau ternyata pesawat berbadan lebar ini boleh melakukan penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara,” imbuhnya.

Pasalnya, sejak rute pesawat jet dialihkan ke Bandara Kertadjati, pariwisata Kota Bandung menjadi sektor yang paling terdampak. Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat ada penurunan hingga 80 persen sejak Juli 2019 – Maret 2020.

Tinggalkan Balasan