, , ,

Bandung Bakal Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

oleh
Bandung Bakal Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung

Bewarajabar | Bandung – Kota Bandung bakal mendeklarasikan diri sebagai ‘Kota Angklung’ pada 21 Mei 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari dalam Bandung Menjawab, Rabu 11 Mei 2022.

Rencananya, acara ini akan digelar secara hibrid di Plaza Balai Kota pada 21 Mei 2022 dan melibatkan seniman serta pegiat angklung di Kota Bandung.

“Tanggal 21 Mei Kota Bandung bakal deklarasikan diri jadi kota angklung. Tentu hal ini didasari berbagai kajian bahwa memang sudah sepantasnya Kota Bandung menjadi kota angklung,” ujar Kenny, sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan beberapa indikator yang menjadikan Kota Bandung layak menjadi kota angklung.

Antara lain ekosistem angklung di Kota Bandung sudah tersedia, meliputi seniman, komunitas, unsur pendidikan, literatur, serta aktivitas dan industri pariwisatanya.

Sebagai informasi, selain seniman dan komunitas yang menjamur, di Kota Bandung terdapat perguruan tinggi dengan program studi angklung dan musik bambu, yakni di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Juga menjadi ekstrakurikuler di beberapa sekolah menengah.

Begitupula aktivasi kegiatan dan industri pariwisatanya, seperti misalnya di Saung Angklung Udjo.

“Selain itu sejarah angklung di Kota Bandung juga di tahun 1930-an, Pak Daeng Soetigna mempelopori kehadiran angklung,” katanya.

Karena diselenggarakan dalam situasi pandemi Covid-19, deklarasi Bandung Kota Angklung diselenggarakan secara hybrid. Beberapa pihak akan hadir secara langsung maupun daring.