Bendera HAPMI Berkibar Di Kabupaten Karawang

oleh

Karawang,bewarajabar.com- Himpunan Artis dan Musisi Indonesia (HAPMI) Jawa Barat yang dibentuk tahun 1979, merupakan organisasi yang banyak melahirkan artis penyanyi ternama dan terkenal meramaikan jagad seni di tanah air ini.

Walau sempat mati suri/vakum selama 20 tahun, awal tahun 2018 tepatnya 19 Januari 2018 HAPMI Jabar bangkit kembali dengan kepengurusan baru dibawah kepemimpinan Rd. H. Gunawan Sumadikara.

Berkat tangan dingin Rd. H. Gunawan Sumadikara ditambah cekatan dan kompaknya kepengurusan di HAPMI Jabar, walau terbilang baru bangun dari tidur selama 20 tahun, sudah mampu mengibarkan bendera di 12 Kab/Kota di Jabar, itu termasuk Kab. Karawang yang ke 12.

Hari Sabtu 10 Oktober 2019 Ketua HAPMI Jabar, Rd H. Raden Gunawan Sumadikara resmi melantik H.Achmad Djohansyah sebagai ketua HAPMI Kabupaten Karawang masa bakti 2019-2023. Pelantikan pengurus HAPMI Kab. Karawang, berlangsung di Ballroom Lebak Sari Indah, Jalan Interchange Tol Karawang Barat.

Pelantikan dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Karawang, Kepala Dinas, Sekretaris DPRD, Kadisparbud, Kadis Perindag, Kadis Pertanian, Kadis Kadis Kependudkan dan Casip, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pengurus HAPMI Jabar, Pengurus HAPMI Cianjur, Sumedang, Garut dan Tasikmalaya.

Pada acara itu, secara simbolik, H. Achmad Djohansyah menerima pataka serta SK dari Ketua HAPMI Jawa Barat untuk mengibarkan bendera HAPMI di Kabupaten Karawang, Kota Pangkal Perjuangan.

“Kita sudah bentuk HAPMI di Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat sebanyak 12. Nanti akan terus dibentuk Kabupaten/Kota lainnya sampai ditiap daerah ada organisasi HAPMI,” kata Kang Gun panggilan akrab Rd H. Gunawan Sumadikara dalam sambutannya.

Setelah dibentuk pengurus HAPMI Karawang, Kang Gun mengharapkan organisasi ini menjadi wadah seniman, musisi, budaya dalam mengembangkan bakatnya. Tidak heran 20 tahun lalu, HAPMI bisa mencetak artis-artis yang kini sukses di tanah air.

“Kenapa tidak sekarang juga lakukan kembali. Mulai dari sekarang HAPMI lakukan pembinaan sampai mencetak artis nasional, bahkan internasional,” kata Kang Gun lagi, nada semangat.

Masih menurutnya, HAPMI Karawang lakukan pencarian bakat dari seni, musik, vocal dan lain sebagainya mencari talenta milennial Karawang untuk dibina dan ditumbuh kembangkan bakatnya.

“Dengan suatu kegiatan pencarian bakat bakal diketahui potensi-potensi di Karawang. Dari Karawang untuk Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, H.Achmad Djohan, ketua HAPMI Karawang yang baru dilantik menyampaikan, pihaknya akan menjadikan HAPMI di Karawang sebagai organisasi yang terbuka untuk individu yang mempunyai potensi seni maupun komunitas seni, baik seni modern maupun seni tradisional.

“Untuk bersama-sama berjuang mengembangkan seluruh potensi yang ada. Diharapkan wadah HAPMI ini baik secara langsung maupun tidak langsung ,dapat meningkatkan ekonomi kreatif,” jelasnya.

HAPMI mempunyai misi selama kepengurusan pertama ini ingin meletakkan dasar-dasar yang kokoh, untuk menjadikan HAPMI sebagai induk konsultatif bagi para artis, penyanyi, musisi dan komunitas seni di karawang.

Sebagai langkah awal, sekretariat HAPMI Karawang beralamat di Graha Karawang Blok A3/No.5 terbuka untuk para pelaku seni maupun komunitas seni, untuk berdiskusi mengenai kemajuan bidang seni.

“Nantinya akan ada staf yang standby setiap hari kerja di kantor sekretariat,” kata H. Djohan.

Sesuai dengan tema pelantikan ” Meningkatkan Peran HAPMI Dalam Melestarikan dan Mengelola Seni Budaya di Era Milenial.” Pembinaan terhadap para seniman maupun komunitas seni, akan lebih difokuskan pada generasi muda yang mempunyai bakat dan potensi untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi, baik nasional maupun internasional.

“Sebagai informasi bahwa pengurus inti HAPMI Karawang ini, bukanlah para tokoh atau orang yang berkecimpung secara langsung dalam bidang seni,” papar H Achmad Djohansyah.

Pengurus HAPMI Kab. Karawang :
Ketua : H. Achmad Djohansyah
Sekretaris I: Nandang Hanapi
Sekretaris II: Asep Sophyana
Wakil Ketua 1 : H. Darwan
Wakil Ketua 2 : H. Urip Tjahyono
Bendahara I : Pina Lianita
Bendahara II : Hj. Evi Susanti

Namun demikian, para pengurus akan berusaha semaksimal mungkin, untuk menjaga roda organisasi berjalan secara profesional, tentunya melibatkan pemikiran para tokoh seni dan para pelaku sebagai dasar acuan penyusunan program kerja, selama empat tahun kepengurusan.

“Insya Allah, setelah pelantikan ini, HAPMI akan segera mengadakan Rapat Kerja untuk menyusun program kerja sekaligus menyusun Indikator Keberhasilan (Key Performance Indicator) untuk mengukur kinerja masing-masing bidang,” bebernya.

H. Djohan juga menyampaikan harapan dukungan semua pihak dalam mengemban tugas ini. anpa adanya dukungan dari pemerintah daerah, pihak swasta, masyarakat umum dan khususnya masyarakat pelaku seni adalah suatu keniscayaan HAPMI Karawang akan berjalan dengan baik.

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana melalui Sekretaris Daerah, H. Acep Jamhuri memberikan apresiasi atas dibentuknya HAPMI Karawang. Meski begitu, Sekda meminta peran HAPMI dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

“Karena seni bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Disini peran HAPMI bisa bersinergi dengan pemerintah,” katanya.

Sebagai puncak acara pelantikan, dilanjutkan dengan hiburan diisi oleh penyanyi-penyanyi senior dan yunior dari Karawang, penyanyi dan musisi HAPMI Jabar, Cianjur, Sumedang, Garut dan Tasikmalaya.

Artis penyanyi senior dari Bandung yang tergabung di HAPMI Jabar, seperti Yuyu Koswara, Rieke Adriaty, Mamay Sumantri, Rina Roslan, Yono Cahyono, Liza Shirley, Hetty Kelana, Undang Barnes ikut tampil menghibur.

Para penyanyi dari HAPMI Jabar dan HAPMI daerah yang hadir, tampil dengan iringan musik apik band The Gun Karawang, Home band HAPMI Karawang dan band HAPMI Cianjur.

Acara hiburan berlangsung sampai pukul 16.00, ditutup dengan lagu “Kemesraan” dinyanyikan oleh HAPMI Karawang beserta semua pengurus maupun anggota HAPMI Jabar dan daerah yang hadir sebagai undangan.
(Bully Tarongkeng)