Berikut Profil dan Biodata Dorce Gamalama, Lengkap dengan Nama Asli, serta Riwayat Hidup

oleh
Berikut Profil dan Biodata Dorce Gamalama, Lengkap dengan Nama Asli, serta Riwayat Hidup
Biodata dan Profil Dorce Gamalama, Penyanyi Serba Bisa yang Sempat Beberapa Kali Ganti Nama /Image from Instagram @dg_kcp (Dorce Gamalama)

Bewarajabar – Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Artis serba bisa Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini, Rabu (16/2/2022). Berita duka ini telah dikonfirmasi oleh sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu belakangan, penyanyi sekaligus presenter Dorce Gamalama dikabarkan telah beberapa kali keluar masuk rumah sakit akibat kesehatannya yang tengah menurun.

Bahkan kabar terakhir, Dorce Gamalama tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat penyakit yang dideritanya, yakni diabetes akut hingga kondisinya semakin kurus dan lemah.

Komedian senior yang akrab disapa Bunda Dorce ini lahir di Solok, Sumatra Barat, pada tanggal 12 Juli 1963 sebagai seorang laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi, dari pasangan Achmad dan Dalifah.

Setelah mengubah gendernya, saat ini ia menggunakan nama Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dalam perjalanan karirnya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama mulai dari Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, Dorce Gamalama, Dorce Ahmad Ketjepet Gamalama hingga akhirnya menggunakan nama Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce sendiri mendapatkan inspirasi nama Gamalama karena suatu perjalanan saat menyanyi di Pulau Ternate bersama Benyamin Sueb, di mana ia melihat Gunung Gamalama.

Penggunaan nama tersebut diberlakukan sejak tahun 1984. Tahun 1990. Setelah pulang dari menunaikan ibadah haji di Makkah, Dorce menambahkan lagi nama Arab di belakang namanya, yakni Halimatussadiyah.