Biro SDM Polda Jabar Laksanakan Tes Psikologi Kepada 39 Calon Bintara Proaktif Tahun 2022

oleh

Bandung, bewarajabar.com – Sebanyak 39 peserta calon Bintara Proaktif mengikuti ujian tes psikologi yang dilaksanakan di SMK Negeri  6 Bandung Jl. Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka rekrutmen Bintara Proaktif Polri Tahun 2022 panda Polda Jabar, dilaksanakan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis,

Pelaksanaan tes Psikologi dipimpin oleh Kabag Psikologi Ro SDM Polda Jabar AKBP Heri Fatnanta S.Psi, P.Si, didampingi Kasubbag Diapers Bag Dalpers Ro SDM Polda Jabar Kompol R. Bimo Moernanda, S.IK, M.H, C.P.H.R, Kasubbag P.si Kompol Festie Roosmayanti, S.Psi, dan panitia Tim Psikologi Bag Psi Biro SDM Pold Jabar.

Selama pelaksanaan uji psikologi, kegiatan diawasi Pengawas Internal dan eksternal, seperti Itwasda, Bid Propam Polda Jabar,  Wartawan dan Organisasi masyarakat.

Kabag Psikologi Biro SDM Polda Jabar AKBP Heri Fatnanta, S.Psi disela kegiatan mengatakan, Ujian psikotes dilaksanakan dalam rangka Rekrutmen Bintara Proaktif Polri Tahun 2022 Panda Polda Jabar.

Lebih lanjut dikatakan Heri, jumlah peserta sebanyak 39 orang, terdiri dari Pria 22 orang dan Wanita 17 orang.

“Adapun materi Tes Psikologi meliputi 4 item, tes passhand A2, tes Kecerdasan, tes kepribadian dan tes sikap kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Solihin menuturkan, Rekruitmen Bintara Proaktif merupakan program Kapolri yang memberikan peluang kepada seluruh masyarakat lndonesia melalui masing-masing Polda dan Polres, untuk mencari peserta calon anggota Polri yang memiliki Prestasi dengan memberikan pelatihan.

“Sampai ujian tes kesehatan l Panda Polda Jabar telah mendapat peserta sebanyak 51 orang, kategori penghargaan atau peserta yang memiliki prestasi di bidang olahraga,” tutur Karo SDM kepada awak media.

Menurut Solichin, program rekrutmen bintara proaktif, tujuannya dalam penerimaan anggota Polri Tahun 2022, sehingga terjaringnya peserta Binlat yang bertalenta sesuai dengan kemampuan dan prestasi masing-masing, dan nantinya siap untuk mengikuti proses seleksi penerimaan Polri Terpadu tahun 2022

“Melalui rekrutmen proaktif, peserta sudah siap untuk mengikuti ujian tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri terpadu. Sehingga dapat menperoleh calon anggota Polri yang berkualitas demi kemajuan Polri kedepan sesuai dengan program Kapolri yaitu SDM unggul melalui rekrutmen Proaktif ini,” jelas dia.

Dalam tahapan seleksi rekrutmen ini kami menghadirkan tenaga ahli yang profesional, dengan melibatkan pengawas internal dan ekternal untuk mengawasi tahapan seleksi seperti proses seleksi penerimaan bintara terpadu.

“Polda Jabar berkomitmen untuk menjalankan proses penerimaan anggota Polri, dengan prinsip BETAH (bersih, transfaran, akuntabel dan humanis), Clear and Clean,” pungkasnya.**