Dansat Brimob Polda Jabar Dampingi Kapolda Jabar Tinjau Lokasi Banjir Bandang Di Kab. Garut

oleh

Garut, bewarajabar.com – Kabar terjadinya Banjir Bandang di Kabupaten Garut tepatnya kecamatan Sukawening menjadi pemberitaan Nasional, bencana ini cukup besar dan mengingatkan kita pada kejadi serupa akibat luapan Sungai Cimanuk, memporak porandakan beberapa titik sampai mengakibatkan korban jiwa cukup banyak dan membuat masyarakat mengungsi akibat bencana tersebut, Selasa, 29/11/2021.

Untuk itu jajaran Satbrimob Polda Jabar menerjunkan 1 Peleton SAR dari Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar,  melaksanakan kegiatan SAR untuk mrmbantu masyarakat atau Desa yang terdampak oleh bencana tersebut, sebagai bentuk implementasi dari semboyan Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mendampingi Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si. didampingi PJU Polda, meninjau langsung lokasi terjadinya Bencana Banjir Bandang di 2 Kecamatan yaitu Sukawening dan Karang Tengah.

Kegiatan diawali dengan peninjauan Lokasi Pengungsian, dilanjutkan kesiapan Kendaraan Khusus Dapur Lapangan Milik Satbrimob Polda Jabar, untuk mendistribusi kebutuhan Pangan para pengungsi yang terdampak bencana tersebut,  yang mana dijelaskan langsung oleh Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K.

Selanjutnya melihat lokasi langsung kerusakan Fasilitas umum yang diterjang Banjir, turut hadir dan mendampingi juga Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si., Danyon A Pelopor Kompol Sudiyono dan Danki penugasan SAR Iptu Gun Gun Gunawan.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K. dilokasi mengatakan “Pasca Banjir Bandang di Kabupaten Garut kami jajaran Satbrimob Polda Jabar langsung menurunkan 1 Peleton Pasukan SAR, untuk membantu masyarakat membersihkan puing-puing dan material yang dibawa oleh banjir, ditambah dengan mrngirimkan Kendaraan Khusus Dapur Lapangan Satbrimob Polda Jabar, berikut crew guna membantu pemberian logistik makanan siap saji baik kepada pengungsi maupun personil yang bertugas dilapangan, sesuai Moto Kami Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan jajaran Satbrimob Polda Jabar memberikan Bhaktinya untuk masyarakat”.

“Sampai Saat ini personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar masih terus membantu masyarakat terdampak Banjir Bandang, di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah dengan mengangkut material lumpur, batu dan puing-puing yang terbawa oleh Banjir disamping itu juga membantu meringankan para pengungsi dengan mendatangkan Ransus Dapur Lapangan, guna mendistribusikan makanan siap saji kepada para korban bencana, ini merupakan wujud dari bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat, ” tegas Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K.**