Disdik Jabar Dorong SMKN 1 Mundu Tunjang Potensi Segitiga Rebana

oleh
Disdik Jabar Dorong SMKN 1 Mundu Tunjang Potensi Segitiga Rebana

Bewarajabar | Bandung – Dinas Pendidikan Jawa Barat terus mempersiapkan SDM unggul untuk menyambut kawasan segitiga Rebana yang bakal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi masa depan Jabar.

Salah satunya, dengan menyiapkan sekolah sebagai produsen SDM berkualitas. Salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Mundu, Kabupaten Cirebon. Disdik Jabar mendorong SMKN 1 Mundu agar mampu menelurkan lulusan yang memiliki daya saing.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, saat ini SMKN 1 Mundu telah memiliki ruang praktik siswa (RPS) agribisnis perikanan yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada Jumat (4/2/2022).’

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga melaksanakan panen raya ikan nila dan udang hasil budi daya SMKN 1 Mundu.

Emil, sapaan akrabnya, mengapresiasi program kemaritiman di SMKN 1 Mundu. Usaha tersebut dinilai sebagai persiapan SMK menghadapi ekonomi maritim di wilayah Segitiga Rebana.

“Akan hadir 4 juta lapangan pekerjaan dengan 13 kota industri, salah satunya berbasis maritim di Patimban. Sehingga, SMKN 1 Mundu ini kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan,” ujar Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan Fungsi dari RPS Agribisnis Perikanan di SMKN 1 Mundu antara lain, sebagai tempat praktik pengelolaan kualitas air, Praktik morfologi dan anatomi biota air, praktik proses bisnis dan budidaya ikan hias, Praktik pengamatan penyakit ikan/udang, Praktik pembuatan akuarium dan praktik pembuatan aquascape.