Disdik Jabar Tunda Pelaksanaan UAS di Kabupaten Cianjur

oleh

Bewarajabar | Bandung – Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menunda pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) peserta didik tingkat SMA, SMK, dan SLB di Kabupaten Cianjur yang seharusnya dilaksanakan pada 5 hingga 17 Desember 2022 menjadi Januari 2023.

Penundaan pelaksanaan UAS menyusul gempa bumi berkuatan 5,6 magnitudo yang menghantam Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) lalu, di mana sejumlah bangunan sekolah rusak dan situasi menjadi tidak kondusif.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, berdasarkan kalender akademik SMA 2022/2023, pelaksanaan UAS akan dilaksanakan pada 5 hingga 17 Desember 2022. Kemudian, di pekan selanjutnya adalah pembagian rapor.

Akan tetapi, imbuh Dedi, khusus pelajar SMA di Kabupaten Cianjur, pihaknya menunda pelaksanaan UAS. Nantinya UAS untuk sekolah tingkat SMA dan SMK akan dilaksanakan pada 9 Januari 2023.

“Khusus UAS untuk anak-anak (peserta didik) di Cianjur, kami undur, dimulai tanggal 9 Januari (2023),” kata Dedi, Rabu (30/11).

Sementara itu, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi sekolah yang terdampak gempa tidak dilakukan secara tatap muka. Disdik Jabar sepenuhnya menyerahkan kepada satuan pendidikan di wilayah yang terdampak.

“Jadi ada yang full daring, ada yang hybrid, dan ada yang bagi shift antara pagi dan siang karena sekolahnya terdampak, ada juga yang melakukan pembelajaran darurat,” tukas Dedi.