Ditinggal Mudik Si Mbak? Gunakan Sewa Jasa ART Infal Saja

oleh

Bewarajabar | Bandung – Warga Bandung sedang cari pengganti sementara untuk ‘si Mbak’ atau Asisten Rumah Tangga (ART) yang sudah mudik? Sewa jasa ART infal bisa jadi salah satu solusinya.

Di Kota Bandung cukup banyak lembaga yang menyediakan jasa tersebut. Salah satunya Yayasan Sosial Cakra Buana Lestari yang dikelola Sudirjo atau juga dikenal dengan nama Sudirman oleh para pelanggannya.

Yayasan yang berlokasi di Jalan Babakan Sari III No.104 ini telah beroperasi sejak 2009. Sudirjo mengaku, banyak perubahan yang ia alami dalam mengelola jasa ART infal, terutama setelah pandemi menyerang.

“Musim Lebaran sebelum pandemi itu bisa sampai 40 orang yang kita salurkan bekerja. Kalau sekarang sepi pemesan, yang baru masuk paling 10 orang. Apalagi karena pandemi, kita juga takut, tidak mau terlalu ambil risiko,” ungkap Sudirjo saat kami temui di rumahnya pada Kamis, 28 April 2022.

Dulu, sebelum pandemi, Sudirjo menceritakan jika para pekerja masih bisa ditampung terlebih dahulu sembari mendapat beberapa pelatihan. Sedangkan sekarang, tak ada ‘stok’ pekerja, sehingga harus dicari dulu di kampung, setelah itu baru bisa disalurkan.

“Kalau ada pesanan, baru kami carikan. Biasanya mereka kirim foto dan KTP dulu. Nanti kami langsung kirimkan ke pihak konsumen. Biasanya kami ambil dari Tasik, Pangandaran, Brebes, dan Kebumen,” tuturnya.

Untuk cara pemesanannya bisa lewat telepon atau langsung ke lokasi yayasan. Selama ini Sudirjo tak pernah mengiklankan jasanya, biasanya hanya dari mulut ke mulut.