Film Kedaerahan Suku Batak Mendunia, Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023

oleh
Film Ngeri Ngeri Sedap yang banyak menyita perhatian publik Tanah Air (Instagram/@ngeringerisedapmovie)

Bewarajabar.com – Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih mewakili Indonesia untuk bersaing di ajang Piala Oscar 2023 dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik (Best International Feature Film).

Hal ini ditetapkan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 pada Senin, (12/9). Komite ini diketuai Deddy Mizwar, Zairin Zain sebagai sekretaris, dan beranggotakan Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Film Ngeri-Ngeri Sedap disutradarai Bene Dion Rajagukguk. Film ini bergenre komedi yang bersifat kedaerahan karena mengambil latar belakang Suku Batak.

 

Dilansir Giwangkara.com dari filmindonesia.or.id, Ngeri-Ngeri Sedap meraih posisi ketiga dengan jumlah penonton terbanyak tahun edar 2022 per September 2022.

Dibintangi Arswendy Nasution, Tika Pangabean, Boris Bokir Manullang, Lolox, Indra Jegel, dan Gita Bhebhita, film Ngeri-Ngeri Sedap telah ditonton sebanyak 2.886.121 penonton.

Film ini berkisah tentang kerinduan Pak Domu (Arswendy Nasution) dan Bu Domu (Tika Pangabean) kepada anak-anaknya yang pergi merantau.

Pak Domu dan Bu Domu memiliki empat orang anak, namun hanya anak kedua yaitu Sarma (Gita Bhebhita) yang tinggal bersama mereka di tepi Danau Toba.

 

Sedangkan tiga anaknya yang lain yaitu Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox), dan Sahat (Indra Jegel) pergi merantau.

Memiliki masalah dengan Pak Domu, ketiga anak tersebut enggan untuk pulang. Muncullah ide cemerlang dari Pak Domu agar anak-anaknya mau pulang, yaitu pura-pura bertengkar dan bercerai dengan Bu Domu.