Gerjumba Bandung, Jum’at Berbagi Di Komplek Bumi Abdi Negara

oleh
Gerjumba Bandung, Jum'at Berbagi Di Komplek Bumi Abdi Negara
Gerjumba Bandung, Jum'at Berbagi Di Komplek Bumi Abdi Negara

Bandung,bewarajabar.com- Peduli sesama adalah perbuatan yang sangat terpuji, begitu halnya dengan Gerjumba (Gerakan Jum’at Berbagi) di Komplek Bumi Abdi Negara, setiap Hari Jum’at berbagi makanan, snack dan minuman kepada orang yang pulang sholat Jum’at.

Gerjumba, menurut Tokoh Masyarakat Komplek Bumi Abdi Negara, Rd H. Gunawan Sumadikara ( Kang Gun), adalah “Jum’at Berbagi” dari warga masyarakat, buat warga masyarakat yang betada di komplek perumahan Bumi Abdi Negara yang dikemas dalam wadah ” Kang Gun & Baraya” sesuai dengan tema yang diusung ” Siapapun Boleh Mengambil – Siapapun Boleh Menyimpan”.

Kang Gun menyampaikan, bahwa kita harus tanggap terhadap kondisi di sekeliling kita, buka mata, buka telinga artinya setiap saat dan dimanapun berada kita harus peka terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita.

” Apalagi saat sekarang, di tengah merebaknya penularan Covid-19, banyak orang terdampak virus Corona. Gejumba itu berbagi rejeki terhadap sesama muslim, tiap hari Jum’at menyediakan makanan dan minuman,” paparnya.

Bahkan kekompakan warga, kata Kang Gun, bukan saja dihari Jum’at, setiap pagi juga selalu bebagi opieun (penganan) buat warga komplek dan yang lewat di Posko Gejumba.

” Hari ini, Jum’at terakhir berbagi makanan dan minuman, karena di bulan April ini, kita akan menghadapi dan mulai masuk Bulan Suci Ramdhan,” ucap Kang Gun.

Kang Gun bersama Baraya juga mengatakan, apa yang kami lakukan ini, semata-mata karena rasa kemanusiaan saja. Mudah-mudahan dengan sedikit bantuan makanan bisa bermanfaat.

” Kami berharap apa yang kami lakukan ini, bisa menggugah hati orang-orang yang punya kemampuan lebih dalam hal ekonomi, agar mau berbagi kepada warga sekitar kita, terutama yang sangat membutuhkan bantuan kita,” pungkasnya. (Q’ Bull)**