Habiskan Liburan Sekolah, Yuk Belajar Sejarah di Museum Kota Bandung

oleh

Bewarajabar | Bandung – Kota yang dikenal dengan julukan Kota Kembang ini tidak henti-hentinya memanjakan para wisatawan. Selain wisata alam dan wisata kuliner, Kota Bandung memiliki sajian wisata sejarah yang dapat menjadi alternatif mengisi waktu liburan.

Saat musim libur sekolah seperti saat ini, salah satu kegiatan yang bermanfaat adalah dengan belajar sejarah di Museum Kota Bandung.

Museum ini didirikan sejak tahun 2018 dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung saat itu, Oded M. Danial.

Sesuai namanya, Museum Kota Bandung menyajikan sejarah lengkap mulai dari pembangunan Kota Bandung hingga perkembangannya saat ini.

Tak hanya itu, museum yang terletak di Jalan Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bangunan museum ini menggunakan gedung peninggalan Belanda yang bersejarah, yaitu gedung “Frabelschool” (taman kanak-kanak) milik “Loge Sint Jan” sehingga pengunjung dapat bernostalgia.

Museum Kota Bandung menampilkan gambar-gambar Wali Kota Bandung mulai dari pertama hingga saat ini. Terdapat juga sejarah berdirinya organisasi kemasyarakatan sampai organisasi keagamaan di Kota Bandung.

Pengunjung Museum Kota Bandung, Rendi dan Anita, mengungkapkan, museum ini sudah masuk dalam daftar berwisata dirinya.

“Saya sudah “list’ museum ini sebagai tujuan wisata saya. Di sini juga sajian sejarahnya lengkap, infografis menarik, juga tempatnya nyaman. Jadi mengenal Bandung bukan hanya kulinernya, tapi juga sejarahnya,” ungkapnya.