Ini Asal Muasal Nama Daerah di Bandung yang Berawalan ‘Ci’

oleh

Bewarajabar | Bandung – Sadar enggak sih kenapa banyak banget nama daerah di Kota Bandung yang berawalan dari kata ‘Ci’? Apa sebenarnya kebetulan? Ataukah memang ada sejarah di balik itu?

Ternyata itu bukan serta-merta kebetulan, lho. Jadi, awalan ‘Ci’ itu diambil dari kependekan air di dalam bahasa Sunda, yakni ‘Cai’.

Hal tersebut karena Kota Bandung yang identik dengan air. Seperti halnya nama ‘Bandung’ yang berasal dari kata bendung atau bendungan.

Selain itu, ternyata kata ‘Ci’ pun erat kaitannya dengan kegiatan atau tradisi di sana.

Misalnya, daerah yang berada di sekitaran sungai, tempat produksi barang yang berhubungan dengan air, ataupun mitos-mitos yang berbau air.

Sehingga banyak sekali nama daerah di Kota Bandung yang berawalan ‘Ci’. Seperti, Cikapundung, Cihampelas, Cinambo, Cibiru, Cipaganti, dan Cijerah.

Pada kali ini Humas Kota Bandung hendak memaparkan sejarah di balik nama-nama daerah berawalan ‘Ci’ yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cikapundung

Siapa sih yang enggak kenal dengan sungai yang membelah kota di Kota Bandung? Bahkan, sungai satu ini dikatakan sebagai sungai terpanjang di dunia karena membelah Asia-Afrika.

Maksudnya, Jalan Asia-Afrika ya. Bukan Benua Asia-Afrika. Nah, apalagi kalau bukan Sungai Cikapundung.

Penasaran enggak nih, asal mula diberi nama Cikapundung? Jadi, sungai ini berasal dari bahasa Sunda yaitu Ci dan Kapundung.