Inilah 5 Asupan Makanan Terbaik Saat Terinfeksi Omicron

oleh
Ilustrasi. (Istockphoto)

Bewarajabar.com – Memerangi fase virus baru yaitu Omicron, Indonesia terus mendapatkan kabar kasus terbaru yang menjadi sorotan, bahkan dikatakan bahwa virus varian baru ini dapat menyerang orang yang sudah vaksinasi.

Pada orang yang terinfeksi Omicron memiliki gejala yang berbeda dari kasus Covid-19 sebelumnya. Tidak banyak yang kehilangan indra perasa dan penciuman, tetapi jauh lebih ringan yaitu sakit tenggorokan.

Hal ini dijelaskan oleh dokter bernama Robert G. Lahita, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong.

 

“Orang yang terinfeksi virus ini sebenarnya tidak memiliki selera makan yang besar. Omicron membuat tenggorokannya sangat sakit, seolah-olah sedang radang tenggorokan. Bahkan saat mengonsumsi cairan juga terasa sakit,” ujarnya.

Kemudian Robert G. Lahita yang kerap dipanggil dengan sebutan Dr. Bob ini membagikan beberapa makanan yang tepat dikonsumsi saat terinfeksi Omicron.

1. Yogurt

Omicron membuat tenggorokan terasa sakit. Salah satu yang dapat meredakan rasa sakitnya adalah yogurt. Menurut Dr. Bob, sensasi dingin dan lembut dari yogurt akan terasa enak di tenggorokan. Yogurt juga mengandung protein yang membuat penderitanya merasakan kenyang.

“Saya telah menyarankan yang terbaik untuk disantap adalah yogurt dan tambahkan granola juga,” kata Dr. Bob.

“Kamu juga bisa menambahkan pisang yang kaya akan potasium. Namun ingat harus dipotong kecil-kecil karena mengingat penderita Omicron susah untuk menelan makanan dikarenakan tenggorokannya sakit,” imbuhnya.

 

2. Es Krim

Mungkin terdengar agak aneh, namun Dr. Bob menyarankan es krim untuk disantap. Karena sebenarnya es krim dapat menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika penderita mengalami sakit tenggorokan yang parat.

“Es krim dapat melewati tenggorokan dengan carayang mudah. Makanan ini akan memberikan glukosa dan protein,” ujar Dr. Bob.

Es krim dapat membantu menyengkan perut sekaligus menjaga berat badan. Mengingat penurunan berat badan yang parah dapat menjadi efek samping dari tertular virus karena kurangnya nafsu makan. Namun mengonsumsi es krim ini juga harus dibarengi dengan makanan sehat lainnya.

3. Sup

Makanan berkuah memang paling diandalkan saat merasakan sakit pada tenggorokan. Karena sensasi hangatnya dapat melegakan dan membuat nyaman tenggorokan.

Dr. Bob juga menganjurkan untuk mengonsumsi sup saat terinfeksi Omicron yang membuat sakit tenggorokan. Pastikan juga kalau sup yang kamu konsumsi memiliki kuah kaldu yang nikmat.

Editor: Rian Andrian

Sumber: detik.com