Jabar Akan Bantu Promosikan Pariwisata Aceh, Ridwan Kamil: Keindahan Alamnya Lengkap

oleh
Jabar Akan Bantu Promosikan Pariwisata Aceh, Ridwan Kamil: Keindahan Alamnya Lengkap
Jabar Akan Bantu Promosikan Pariwisata Aceh, Ridwan Kamil: Keindahan Alamnya Lengkap

BewaraJabar.com — Menindaklanjuti kerja sama dengan Provinsi Aceh terkait pengembangan potensi daerah sektor pariwisata, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membantu mempromosikan wisata alam yang ada di sepanjang ruas jalan Banda Aceh – Meulaboh.

Menurut Kang Emil, wilayah pantai barat dari Aceh Besar hingga Meulaboh sepanjang 245 km tersebut memiliki keindahan alam nan mempesona. Apabila dipromosikan lebih gencar akan berdampak pada meningkatnya PAD dan perekonomian masyarakat sekitar.

“Keindahan Aceh luar biasa kita bantu promosikan, tentunya ke depan nanti ada orang Jabar main ke sini. Sebaliknya juga dari Aceh banyak yang berkunjung ke Jabar,” ujarnya ditemui di Aceh Besar, Senin (27/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil ditemani komunitas Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Aceh menjajal ruas jalan provinsi di wilayah pantai barat Aceh tersebut menggunakan sepeda motor.

Sepanjang perjalanan Kang Emil dibuat takjub dengan suguhan keindahan alam, mulai dari gunung, laut, sawah, sungai hingga sapi yang melintas di jalan raya.

“Keindahan alamnya yang terlewati juga lengkap, ada gunung, laut, sawah, sungai dan yang istimewa khas daerah sini sapi-sapinya merdeka bisa nongkrong di jalan raya,” tuturnya.

Sejak dari Lhoknga Aceh Besar sudah terlihat indahnya gugusan pulau-pulau kecil menawan di Samudera Hindia. Setelah itu akan dijumpai pantai Lhokseudu yang cukup ramai dikunjungi orang.

Tiga gunung pun harus dilalui yaitu Gunung Geurutee, Paroe, dan Gunung Kulu yang jalannya berkelok-kelok dan rindang oleh pohon durian.

Jalur pantai barat Aceh yang bisa tembus hingga ke Medan ini sebelumnya hancur diterjang tsunami dasyat 17 tahun lalu. Namun kini jalan yang dibangun kembali oleh bantuan Amerika Serikat (USAID) dan dikerjakan kontraktor Korea Selatan tersebut sangat mulus dan disebut-sebut berkualitas internasional.

“Konstruksi jalan baru yang dibangun pascabencana tsunami menurut saya kualitasnya luar biasa,” kata Kang Emil.