Kadisdik Jabar: Jadilah Kepala Sekolah yang Berintegritas

oleh

Bewarajabar | Bogor – Jadilah kepala sekolah yang berintegritas, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi pada Studi Lapangan Calon Kepala Sekolah (CKS) Berintegritas Jabar di Ballroom Zest Hotel, Kota Bogor, Rabu (5/10/2022) malam.

“Pahami konsep integritas, berapa banyak nilai indikatornya. Bukan hanya tiga atau empat, tapi ada sembilan nilai, salah satunya adalah tanggung jawab,” ucap Kadisdik.

Kadisdik memastikan, seluruh 92 CKS akan dilantik sebagai kepala sekolah sebelum masa usia pensiun. Dalam waktu dekat, sebanyak 41 dari 92 CKS akan menjadi kepala sekolah untuk mengisi kursi kepala sekolah yang kosong karena pensiun. “Harapan saya, Bapak/Ibu semua tetap kompak dan tidak mengedepankan persepsi. Sebab, regulasi pelantikan kepala sekolah sudah dibuat by data,” terang Kadisdik.

Kadisdik menjelaskan, ada tiga kriteria CKS yang segera menjadi kepala sekolah. Pertama, mendahulukan umur agar tidak melewati masa purnabakti. Kedua, jika ada kekosongan kepala sekolah di sekolah penggerak maka penggantinya adalah guru penggerak yang menjadi CKS. Ketiga, dilihat berdasarkan prestasi melalui peer review dan SIAP Jabar. “Isi peer review dan SIAP Jabar dengan benar dan selengkap-lengkapnya,” imbau Kadisdik.

Kegiatan pembinaan tersebut dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas, I Made Supriatna, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Awan Suparwana serta Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Otin Martini.

Ke-92 CKS akan melakukan studi lapangan ke 2 tempat, yakni Kantor KPK RI dan SMAK Bogor, sekolah binaan Kementerian Perindustrian RI.***