Keutamaan Salat Subuh Berjama`ah

oleh

BANDUNG, BEWARAJABAR.COM — Bagi umat muslim, salat lima waktu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Islam menyebut salat sebagai tiang agama. Jika tak ditunaikan, maka runtuhlah agama Islam.

Satu dari lima waktu salat yang harus dikerjakan umat Islam adalah, salat Subuh yang dilakukan saat fajar menyingsing. Umat Islam terutama kaum pria, dianjurkan untuk melakukannya secara berjemaah di masjid. Ada beberapa keutamaan jika salat subuh dilaksanakan secara berjemaah.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan bahwa salat Subuh secara berjemaah sangatlah utama. “Subuh berjemaah merupakan ibadah yang langsung dihadiri oleh malaikat,” tuturnya sebagaimana disampaikan melalui akun Instagram pribadinya, @mangoded_md.

Hal itu sejalan dengan bunyi hadits yang artinya, “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhari No. 137 dan Muslim No.632)

Selain itu, melaksanakan salat subuh berjemaah dihitung sebagai salat semalam penuh. Hal itu terdapat dalam hadits HR. Muslim No. 656 yang berbunyi, “Barangsiapa yang salat Isya berjemaah, maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang salat Subuh berjemaah, maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya”.

Tak hanya itu, orang yang melaksanakan salat Subuh berada dalam jaminan Allah SWT. Dikatakan dalam HR. Muslim No. 163, bahwa “Barangsiapa yang salat Subuh, maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam”.

Oleh karena itu, Oded selalu menekankan kepada warganya untuk melaksanakan salat Subuh. Ia bahkan menggulirkan Gerakan Salat Subuh Berjemaah. “Agar mereka lebih mencintai salat Subuh berjemaah,” ujarnya.

Minggu (22/09/2019), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menggelar Salat Subuh Berjamaah Akbar di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Jadi ke-209 Kota Bandung. Oded ingin agar seluruh warganya memanjatkan doa untuk keberkahan kota ini.

Selain Salat Subuh Berjemaah Akbar, Oded juga mengimbau kepada pemeluk agama lain untuk melaksanakan ibadah di rumah ibadahnya masing-masing untuk tujuan yang sama. Ia berharap cara ini bisa meneguhkan keimanan warganya sehingga Kota Bandung berada dalam kedamaian dan keselamatan.*