Komik Bergambar Singkat Sebagai Media untuk Meningkatkan Literasi Dini Pada Anak

0

Bewarajabar.com — Literasi memang sangat penting, karena dengan membaca kita bisa mengetahui banyak hal. Seperti pepatah dari Pak BJ. Habibie “Dari membaca buku, saya bisa melihat dunia”. Karena memang buku itu gudangnya ilmu. Oleh sebab itu, literasi harus ditanamkan dari sejak dini.

Apalagi di lingkungan pendidikan literasi itu merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang terutama para pelajar. Sekarang di sekolah-sekolah pun sudah banyak yang melaksanakan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Dimana setiap hari siswa membaca buku terlebih dahulu selama 15 menit sebelum memulai pelajaran.

GLS adalah langkah awal untuk meningkatkan kualitas mutu para peserta didik. Sebab GLS ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca pada anak. GLS juga mampu menumbuhkan pemahaman dan melatih kebiasaan siswa untuk lebih disiplin dan memiliki wawasan yang lebih luas.

Pada dasarnya, semua anak akan gemar membaca, jika bahan bacaannya menarik. Karena dengan menarik itulah anak akan merasa penasaran untuk membacanya. Dan bacaan bagi anak-anak itu harus bacaan yang ringan. Artinya, pembahasan bukunya harus simple dan mudah dimengerti serta seru.

Apalagi jika ditambah dengan visual gambar, yang akan menarik perhatian anak untuk membacanya. Dengan ditambah gambar anak juga akan merasa terbawa suasana sehingga apa yang mereka baca bisa dipahami dengan sangat mudah. Dengan seperti itu anak akan suka membaca, dan bisa memahami isi bacaanya dengan sangat cepat.

Salah satu bacaan yang banyak digemari oleh anak-anak adalah komik. Namun, kebanyakan komik itu ceritanya panjang-panjang dan berupa buku. Untuk anak-anak lebih baik jika bacaannya singkat saja dulu, tapi mempunyai makna yang bisa mereka pelajari dan pahami. Yaitu bisa dengan memberikan anak sebuah bacaan komik bergambar singkat, untuk dijadikan bahan bacaannya sehari-hari sebagai permulaan untuk menstimulus anak agar gemar membaca.

Berikut contoh Komik Bergambar Singkat

Dengan adanya komik bergambar singkat ini bisa menjadi media untuk meningkatkan literasi dini pada anak. Walaupun singkat tapi isi bacaannya bermakna sehingga bisa menjadi pelajaran buat anak. Dan dengan adanya tambahan visual gambar membuat anak nyaman dalam membacanya, karena tidak hanya tulisan, tapi ada gambar dan banyak warna. Karena memang kebanyakan anak sering enggan membaca ketika melihat bacaannya tulisan semua. Sebab itu akan membuat mereka jenuh dan membosankan. Maka dari itu kita harus bisa berkreasi untuk menarik perhatian anak dalam membaca. Dan dengan adanya komik bergambar singkat ini bisa menjadi media alternatif untuk meningkatkan literasi dini pada anak.

(Penulis: Mita Alifiyah Purnama)

Tinggalkan Balasan