Komisi A Usul Diskar PB Tambah Pelatihan Warga Tanggap Bencana di Kelurahan

oleh
Komisi A DPRD Kota Bandung mengevaluasi kinerja Triwulan II Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, di Ruang Rapat Komisi A DPRD Kota Bandung, pada Kamis, (4/8/2022). Marhan/Humpro DPRD Kota Bandung.

Bewarajabar | Bandung – Komisi A DPRD Kota Bandung mengevaluasi kinerja Triwulan II Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, di Ruang Rapat Komisi A DPRD Kota Bandung, pada Kamis, (4/8/2022).

Rapat dipimpin langsung Ketua Komisi A, H. Rizal Khairul, S.IP., M.Si., dan dihadiri juga Wakil Komisi A, Khairullah, S.Pd.I., juga Sekretaris Komisi A, Erick Darmadjaya, B.Sc., M.K.P., juga anggota Komisi A, Aan Andi Purnama, S.E., serta H. Agus Andi Setyawan, S.Pd.I.

Komisi A mengapresiasi atas kinerja Diskar PB pada triwulan II dan berharap Diskar PB terus mengedukasi masyarakat dalam penanganan atau menanggulangi bencana.

Anggota Komisi A, Aan Andi Purnama mengapresiasi Diskar PB sebagai pejuang tangguh di Kota Bandung. Ia berharap dalam penanganan dan penanggulangan bencana masyarakat perlu dilibatkan.

“Apresiasi untuk Diskar PB, bahwa ini pejuang-pejuang tanggung Kota Bandung. Dan terkait keterlibatan masyarakat dalam penanganan bencana terus digalakkan. Caranya diedukasi masyarakatnya, contoh menanggulangi kebakaran di menit-menit pertama bagaimana, peran masyarakat dalam pertolongan pertama pada bencana kebakaran. Maka perlu pelatihan-pelatihan di setiap kelurahan, termasuk diajarkan bagaimana pemakaian alat-alat kebakaran,” ujar Aan.

Aan melanjutkan, Diskar PB juga perlu menyosialisasikan peta bencana di Kota Bandung.

“Kedua, selalu mengecek fasilitas alat-alat kebakaran di setiap gedung. Terakhir, edukasi juga kepada masyarakat terkait kebencanaan sejak dini, termasuk sosialisasi Sesar Lembang. Potensi-potensi bencana di Kota Bandung dipetakan dan disosialisasikan. Agar terciptanya reflek terhadap bencana, apa yang harus dilakukan jika bencana datang,” kata Aan.