Kota Layak Pemuda Sasar Aktivitas Hingga Tingkat Kewilayahan

oleh

Bewarajabar | Bandung – Kota Bandung terus memantapkan diri sebagai Kota Layak Pemuda. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengimplementasikan program kota layak pemuda di tingkat kecamatan.

Upaya ini memperoleh dukungan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung.

“Kebijakan pembangunan pelayanan kepemudaan ini menjadi sektor vital. Dalam Perpres nomor 66 tahun 2017 menjelaskan tentang koordinasi strategi lintas sektor penyelenggaran pelayanan kepemudaan,” ujar Ketua KNPI Kota Bandung, Edwin Khadafi saat beraudiensi dengan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota, Senin 22 Agustus 2022.

Ia mengungkapkan, Kota Bandung sudah memiliki Perda Nomor 1 tahun 2016 tentang kepemudaan. Sehingga ia berharap lahirnya aturan tersebut mampu bersinergi untuk meningkatkan kapasitas pemuda.

“Kita harap lingkup tiap dinas melakukan pembinaan seperti UMKM hingga pariwisata. Karena 50 persen usia muda berada di Kota Bandung,” tuturnya.

Ia berharap, pembangunan pemuda di Kota Bandung mampu menopang berbagai kegiatan. Sehingga bisa bersinergi dengan dinas terkait.

Harapannya, dengan Perda Kepemudaan bisa bersinergi juga dengan unsur kewilayahan untuk memaksimalkan para pemuda berpartisipasi pada berbagai sektor. Mulai dari ekonomi, sosial, hingga budaya.

“Dengan adanya Perda kepemudaan, harapannya aparatur wilayah punya perhatian kepada kepemudaan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga sangat mendukungnya. Ia meyakini pemuda sebagai garda terdepan pembangunan.