Mengenal The Ming Cu, Bos Spider Lover Petshop yang Akrab Sama Tarantula

oleh

Bewarajabar | Bandung – Kegemarannya bermain di hutan ditambah ketertarikan terhadap tarantula membawa peruntungan bagi The Ming Cu (34). Ming Cu kini membuka usaha Spider Lover Petshop dan meraup untung puluhan juta dari usaha tersebut.

Humas Kota Bandung berkesempatan berkunjung ke Spider Lover Petshop di Jalan Belakang Otista 292 Nomor 112, Kota Bandung. Di sini, lebih dari 3.000 jenis tarantula dipelihara Ming Cu.

Bisnis jual beli dan ternak tarantula ini sudah dilakoni Ming Cu sejak 2010. Awalnya, ia mengaku terkesima dengan bentuk hewan berkaki delapan tersebut.

“Awalnya karena ngelihat laba-laba dan saya suka (dengan laba-laba tadi). Akhirnya saya memelihara laba-laba tersebut,” ucap Ming Cu.

Dari situlah, Ming Cu memelihara dan berbisnis tarantula. Ia kemudian membeli tarantula kecil yang diimpor dari Filipina. Awalnya, ia membeli 20 ekor tarantula dengan jenis Caribena versicolor dengan modal kurang dari Rp5 juta.

Tarantula itu lalu diberi makan dan dibesarkan. Hingga kini, lebih dari 3.000 ekor tarantula ada di rumahnya.

Setelah menjadi bisnis, Ming Cu mengirim tarantulanya ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, ia juga pernah mengirim tarantula ke luar negeri.

Harga tarantula yang dijual Ming Cu bervariatif. Seekor tarantula bisa dibanderol Rp50 ribu hingga jutaan rupiah. Adapun beberapa jenis tarantula yang dijual di sini antara lain: Chromatopelma cyaneopubescens, Poecilotheria spp, Nhandu tripepii, Typhochlaena seladonia dan Caribena versicolor.