Patroli Gabungan Brimob Jabar Bersama Kewilayahan Edukasi Protokol Kesehatan Warga 

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – 09/07/2021 – Penanganan pandemi virus corona covid-19 dalam percepatan penanganannya, mengambil kebijakan tahap “AKB” dalam tatanan hidup normal baru (New Normal) dimana pada tahap ini secara bertahap melonggarkan pembatasan sosial, untuk memberi jalan bagi keberlangsungan ekonomi sebagai individu maupun kelompok luas, tapi itu tidak berarti bahwa kita melupakan standar kesehatan minimum dalam penerapan _protokol kesehatan_.

New normal dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang di aplikasikan diberbagai tempat, seperti wajib menggunakan masker, physical distancing, wajib mencuci tangan pada air mengalir dengan antiseptik dengan selalu menjaga kebersihan, dan di anjurkan tidak bersalaman atau kontak fisik secara langsung

Virus Corona jenis Covid-19 yang menyebar mengakibatkan gangguan pernapasan, virus ini bisa masuk melalui area segitiga wajah, seperti mata, hidung, dan mulut adalah bagian yang mudah tersentuh tangan, disadari maupun tidak sadari, dengan demikian kebersihan tangan menjadi sangat penting pada pandemi virus covid-19 , pasalnya sekitar 98 persen penyebaran penyakit datang dari bagian tubuh tersebut.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Pada fase new normal atau tatanan kehidupan normal baru secara psikologis bukanlah hal yang mudah di diterapkan begitu saja pada masyarakat, pasalnya pada fase ini bukanlah lagi dalam tingkat himbauan, anjuran, dan ajakan lagi melainkan sudah wajib melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan, hal ini bisa terwujud oleh tingkat kesadaran dan kedisiplinan yang timbul dari diri sendiri ataupun dengan dipaksakan, “ujar kepada seluruh jajaranya.

Sebagai _wujud bakti Brimob_ dalam memberikan pelayanan terhadap Masyarakat Aiptu Dedi Sukardi Anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat, pimpin langsung pelaksanaan patroli dialogisnya di Wilayah Kab. Cirebon memberi edukasi penerapan protokol kesehatan kepada warga masyarkat yang dijumpai sedang beraktifitas, dan menyampaikan kepada Warga untuk wajib selalu menggunakan masker dalam aktifitasnya sehari – hari, menjaga jarak dalam komunikasi _Physical Distancing_ pada saat berinteraksi dengan Orang lain , dan juga selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan baik sebelum dan setelah berkatifitas , agar terhindar dari penularan virus covid19.

“Penerapan protokol kesehatan ini berlaku bukan hanya untuk kita saja akan tetapi bisa kita terapkan dan sampaikan kepada keluarga kita sendiri dirumah, bila perlu ajak dan beri pengertian pada keluarga kita untuk menghindari aktifitas keluar rumah jika tidak sangat – sangat penting. “Ujar Aiptu Dedi Sukardi kepada warga masyarakat.

Kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan,  akan sangat berpengaruh dalam langkah meredam penyebaran virus corona jenis covid-19 ini. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum disiplin dan kurang peduli akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam fase Adaptasi Aturan kebiasaan  Hidup Nornal Baru _”New Normal”_ agar terhindar dari terinfeksinya virus jenis covid-19 ini.

Kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing jaga jarak dalam berinteraksi , mencuci tangan dan wajib menggunakan masker dalam melaksanakan aktifitas , semoga dapat menekan dari penyebaran virus covid19 corona yang sangat berbahaya ini.**