Pemprov Jabar Apresiasi CCEP Indonesia atas Konsistensi dan Komitmen Berkelanjutan Bersama Masyarakat dan Komunitas

oleh
Penghargaan Mitra CSR Jabar 2022 kategori Corporate Environmental Responsibility Award dan Community Environmental Stewardship Award diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat dan diterima oleh Lucia Karina, Direktur Public Affairs, Communications & Sustainability CCEP Indonesia.

Bewarajabar | Bandung – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), perusahaan minuman terkemuka di Indonesia, selalu berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mendorong pengembangan berbagai upaya berkelanjutan (sustainability) dengan terciptanya peningkatan dan kemajuan yang berfokus pada lingkungan , komunitas dan tanggung jawab terhadap kualitas produk.

Atas kegiatan keberlanjutan yang sudah dilakukan, perusahaan melalui pabrik di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Sumedang mendapat penghargaan dalam ajang Forum CSR Mitra Jabar Award 2022 untuk kategori Corporate Environmental Responsibility Award dan Community Environmental Stewardship Award.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Lucia Karina, Direktur Public Affairs, Communications and Sustainability CCEP Indonesia di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung (27/12) lalu.

CCEP Indonesia Get in Action bersama Bupati Sumedang , berkolaborasi dengan Bank Sampah Induk Sumedang untuk pengelolaan sampah berbasis komunitas.

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen keberlanjutan yang dilakukan oleh CCEP Indonesia di wilayah Propinsi Jawa Barat melalui berbagai macam inisiatif dan program yang dilaksanakan sepanjang tahun 2022.

Program yang dilakukan merupakan bentuk sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan yakni pemerintah daerah setempat, masyarakat, komunitas, akademisi dan media.

Upaya keberlanjutan dilakukan, antara lain melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan komunitas melalui pendampingan program berupa edukasi serta pelatihan di bidang kepedulia lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi.

Pelatihan kewirausahaan bagi penggerak Desa Bestari sebagai bagian dari komitmen peningkatan kapasitas masyarakat dalam peningkatan ekonomi bersama komunitas.

Dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan berbagai program kegiatan CCEP Indonesia yang dilaksanakan secar aluas di seluruh proses lini bisnis, di wilayah operasional di Propinsi Jawa Barat.

Berbagai program utama dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan seperti pendampingan pengelolaan sampah berbasis kemasyarakatan.

Dukungan terhadap terbentuknya sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan sistem bank sampah dilakukan CCEP Indonesia dengan mengadakan pendampingan berupa pelatihan serta dukungan sarana-prasarana pengelolaan sampah.

Bersama penggerak Desa Bestari di Desa Cihanjuang melakukan sosialisasi pemilahan sampah dari sumbernya kepada masyarakat.

Inisiatif ini berlanjut dengan upaya pengumpulan botol plastik paska konsumsi yang kemudian didaur ulang di fasilitas daur ulang sampah kemasan plastic botol terkini, yang merupakan hasil kerja sama antara CCEP Indonesia dan Dynapack Asia, yakni Amandina Bumi Nusantara.

Hasil daur ulang tersebut kemudian menghasilkan material plastic untuk kemudian dijadikan kemasan botol produk-produk minuman CCEP Indonesia.

Di samping itu, komitmen pada aspek kepedulian lingkungan hidup juga diwujudkan CCEP Indonesia melalui program penanaman pohon serta upaya konservasi air melalui Coca-Cola Forest. Selain itu, melalui program ini, perusahaan juga melakukan peningkatan kapasitas lahan sebagai fungsi edukasi bertajuk “Fun Learning Studio Coca-Cola Forest” dan juga pembibitan tanaman beberapa varietas.

Tidak berhenti di situ, CCEP Indonesia turut mendukung upaya peningkatan kapasitas masyarakat pada aspek sosial-ekonomi melalui program Desa Bestari (Bersih, Sehat, Tangguh, Mandiri dan Lestari). Program ini sendiri dilaksanakan di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Program Desa Bestari hadir melalui empat pilat utama, yaitu pendidikan, lingkungan, Kesehatan dna kewirausahaan, dimana setiap program yang dijalankan merupakan hasil dari jalinan komunikasi serta diskusi dengan tokoh masyarakat dan beberapa perwakilan warga serta pemangku kepentingan lainnya di area pelaksanaan program.

Dalam perjalanannya, program Desa bestari melaksanakan pendampingan budidaya dan pengolahan pangan berbahan dasar tanaman lidah buaya serta pelatihan kewirausahaan.

Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate affairs Manager Coca-Cola Europacific Partners Indonesia menyatakan sebagai Mitra CSR Pemerintah Propinsi Jawa Barat, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia selalu mengutamakan tercipatanya dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Apreasiasi yang diberikan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat ini menjadu pemacu semangat untuk merangkul masyarakat dan komunitas lebih luas lagi dalam pelaksanaan program dan mempererat kolaborasi lintas pemangku kepentingan, sehingga perusahaan dapat sejalan dengan program Jabar Juara.