Peresmian Desa Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kab. Musi Rawas Utara Sebagai Kampung Tangguh Bersinar

oleh

Mura Utara, Bewarajabar — Dengan terbentuknya kampung tangguh bersinar. Desa Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera selatan.

“Ini merupakan pilot project dari Bapak Kapolri untuk mengajak masyarakat, khususnya pemerintah desa untuk menjaga masyarakatnya dari peredaran narkoba di pedesaan,” Jelas Kapolres kepada Masyarakat, Insan Pers (18/6/2021),di Desa Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dinobatkan menjadi kampung tangguh bersih narkoba.

Sebelumnya Desa Surulangun disebut-sebut sebagai kampung narkoba pasca penggerebekan besar-besaran, Sabtu (12/6/2021) lalu.

“Mulai hari ini Desa Surulangun kita nobatkan sebagai kampung bersinar atau bersih narkoba, tidak ada lagi kampung narkoba,” kata Kapolres Muratara, AKBP Eko Sumaryanto.

“Pemerintah desa menjadi ujung tombaknya untuk memberikan informasi peredaran narkoba. Sehingga sebelum meluas kami sudah turun agar peredaran narkoba tidak semakin berkembang di Desa Surulangun Rawas khususnya, Kabupaten Musi Rawas Utara” terang Kapolres.

Kades Ahmad Soleh yang memimpin pembacaan ikrar, yang saksikan Kapolres dan jajarannya bersama Masyarakat,Alim Ulama, tokoh pemuda bersama Polres Muratara
Selain itu, lanjut Eko Sumaryanto mengajak masyarakat untuk memerangi narkoba,disela-sela sebelum shalat Jum’at bersama sembari mengenalkan namanya dihadapan jemaah Jum’at, masjid Almuchsinin serta mengajak masyarakat, bersama-sama memerangi narkoba, dan tidak ketinggalan dalam kesempatan ini Bupati Muratara yang diwakili Sekda. Alwi Roham menyampaikan permintaan maaf Bupati karena tidak hadir, Alwi mengajak masyarakat untuk mendukung upaya pihak Kapolres memerangi dan memberantas narkoba diharapkankedepannya nanti Desa Surulangun bersih dari narkoba.

Maraknya peredaran narkoba di Muratara membuat polisi berupaya memberantasnya sampai lapisan bawah sebelum acara ikrar yang dilakukan oleh Kades dan perangkat Desa juga BPD dan tokoh masyarakat Kapolres bersama jajarannya,Bupati diwakali Sekda, Dandim 0406 yang diwakili Koramil melakukan shalat jumat bersama, kampung tangguh bersih narkoba (bersinar) mulai dibentuk di Kabupaten Muratara

Kapolres Musi Rawas Utara AKBP Eko Sumaryanto mengatakan pemberantasan narkoba melibatkan masyarakat secara langsung. Pihaknya pun menggandeng pemerintah desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang langsung menandatangani dalam kesempatan acara ikrar tersebut. Menurut Eko, masyarakat Desa Surulangun berkomitmen untuk tidak terlibat dalam segala bentuk penyalahgunaan narkoba baik sebagai penjual, pengedar, maupun bandar narkoba.

“Harapan kita tentu Desa Surulangun ini bebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba, serta perjudian,” katanya.

Tokoh agama, Mat Catok panggilan akrab,yang sekaligus Imam shalat jumat pada kesempatan ini, memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian Polres Muratara yang telah bertindak tegas untuk memberantas narkoba di desanya.

Ditempat terpisah Man Solih Sebagai tokoh pemuda, Man sangat menolak keras peredaran narkoba di tanah kelahirannya.

“Narkoba dapat merusak generasi bangsa, kami para pemuda ini bisa rusak kalau sudah terkontaminasi dengan narkoba,” terangnya

Man berharap dengan adanya penggerebekan beberapa hari yang lalu,di Desa Surulangun setidaknya bisa menjadikan desa kami,kedepannya lebih baik lagi harapnya. (ed)