Program Bunga Desa ke 8 di PasirJambu, Bupati Bandung Menginap di Rumah Panggung Mak Aah

oleh

Bewarajabar | Kab. Bandung – Rumah panggung milik Mak Aah (77), di Kampung Astakrama No 06 RT 02/RW 13 Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung menjadi tempat persinggahan Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna bersama istrinya, Hj Emma Dety Supriatna saat melaksanakan Program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) atau Saba desa ke-8, Rabu (25/5/22) di Kecamatan Pasirjambu.

Rumah panggung yang menjadi tempat menginap Bupati Bandung tersebut diperkirakan dibangun pada tahun 1982-an dan hanya dihiasi dengan dinding bilik rumah yang sudah lusuh, serta empat lembar kaca di bagian depan rumahnya untuk menjadi sumber penerangan rumah di siang hari.

Sedangkan pintunya terbuat dari triplek, dengan satu kamar tidur yang biasa digunakan Mak Aah yang sudah ditinggalkan suaminya meninggal dunia itu, tak punya anak dan hidup bersama kerabatnya.

Untuk kehidupan sehari-harinya, Mak Aah membuka usaha warung kecil-kecilan untuk jajanan anak-anak sekolah. Kebetulan, di depan rumahnya ada SDN Astakrama.

Untuk membantu usaha berdagang warungan Mak Aah, Bupati Dadang Supriatna memberikan kadeudeuh (bantuan) berupa uang tunai untuk tambahan modal usaha warungnya.

Sebelum memberikan kadeudeuh untuk modal usaha warungan, Bupati Bandung didampingi Camat Pasirjambu Dudung dan Kepala Desa Cikoneng Ihsan NS.

Meminta izin kepada pemilik rumah Mak Aah untkuk bermalam dirumah tersebut. “Abdi bade ngiring mondok. Wios?” kata Bupati Bandung kepada Mak Aah.