Rp21 Miliar Dana Abadi Unpad untuk Riset dan Pengabdian Masyarakat

oleh

Bewarajabar | Bandung – Tepat 27 April 2022 Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih peringkat keempat kampus terbaik nasional versi Times Higher Education atau THE Impact Rankings 2022 dan berada di peringkat 101-200 dunia. Peringkat ini juga menilai seberapa besar pengaruh yang dihasilkan perguruan tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiasturi menyampaikan, pihaknya memiliki dana abadi atau endowment fund yang akan digunakan untuk memperluas manfaat bagi masyarakat.

“Dananya dikumpulkan abadi, disimpan di satu rekening dan tidak boleh berkurang. Hasil pengelolaannya akan kita gunakan untuk beasiswa, pembangunan kampus hijau, dan riset inovasi untuk masyarakat,” papar Rina dalam pertemuan seluruh Ikatan Alumni (IKA) Unpad pada Minggu, 3 Juli 2022 di Graha Sanusi.

Sampai saat ini, dana abadi Unpad telah terkumpul Rp21 miliar. Namun, Rina mengakui, dana ini masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya.

Maka dari itu, ia berharap, Unpad bisa berkolaborasi bersama pihak kamar dagang dan industri (Kadin) serta pemerintah pusat untuk bersama-sama memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Para alumni hadir di sini juga untuk berkontribusi dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Kita yakin bisa berkontribusi untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Salah satu upaya Unpad dalam menyejahterakan masyarakat melalui pembinaan UMKM. Tercatat sebanyak 500 UMKM rutin dibina oleh IKA Unpad.

Bahkan, pada acara pertemuan akbar IKA Unpad kali ini, terdapat 100 stand yang disediakan untuk para UMKM.