Sopir Angkot hingga Juru Parkir Ramaikan Bulan Suci Ramadhan dengan Adu Pemahaman Alquran Melalui Cerdas Cermat

oleh

Kab. Bandung, BewaraJabar.com — Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna punya cara unik menyemarakan bulan suci Ramadan. Salah satunya dengan cara mengundang berbagai komunitas masyarakat bawah seperti sopir angkot, tukang ojek (pangkalan dan online), juru parkir, pedagang pasar dan tukang delman, untuk beradu kecerdasan dalam pemahaman isi kandungan Al Quran melalui lomba cerdas cermat.

Event “Lomba Cerdas Cermat Al Quran Antar Komunitas Masyarakat Bawah”, di Gedung Korpri Kabupaten Bandung, Selasa (19/4) ini juga diadakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung yang akrab disapa Kang DS saat membuka lomba mengaku dirinya sangat terharu dan bangga karena orang-orang yang selama ini mungkin dianggap jauh dari Al Quran karena kegiatan atau pekerjaannya sehari-hari, ternyata mereka sangat memahami isi kandungan Al- Quran.

Karena itu, Kang DS mengingatkan agar kita tak boleh dengan mudah melihat seseorang itu hanya dari penampilannya saja. Dengan kata lain, jangan melihat orang karena profesi atau pekerjaannya yang mungkin dianggap rendah. Buktinya, mereka yang selama ini dianggap tak paham Al- Quran, ternyata mereka sangat menahamu isi Al- Quran.

“Saya kira pelajaran penting dari acara ini, selain dalam rangka syiar Ramadan, juga dalam rangka introspeksi diri agar kita tidak sembarang “menghukumi” penampilan lahir seseorang. Karena itu, mari kita sama-sama menjaga hati kita, terlebih di Bulan Suci Ramadan ini. Selain untuk selalu lembut, juga bersih. Dengan kebersihan hati, Insya Allah, hidup kita akan lebih tenang dan bahagia,” kata bupati kepada awak media.