Tedy Rusmawan: IKAPI Bantu Memajukan Kota Bandung Lewat Literasi

oleh
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menghadiri undangan Muscab Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Kota Bandung, di Aula Dispusip Kota Bandung, Kamis (2172022). TofanHumpro DPRD Kota Bandung.

Bewarajabar | Bandung – Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menghadiri undangan Muscab Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Kota Bandung, di Aula Dispusip Kota Bandung, Kamis (21/7/2022).

Secara khusus, Tedy memberikan apresiasi pada kegiatan IKAPI ini.

“Mudah-mudahan kepengurusan IKAPI Kota Bandung terpilih mampu menambah dorongan bagi kemajuan Kota Bandung,” ujarnya.

Bagi Tedy, IKAPI begitu melekat pada diri pribadinya. Yang teringat dari IKAPI yakni gelaran rutin pameran buku di Landmark Bandung.

“Saya selalu hadir dalam pameran buku mencari buku-buku menarik, terbaru, dan mencerahkan. Karena di pameran itulah saya mendapatkan banyak hal,” katanya.

Tedy menjelaskan, keberadaan IKAPI tentu sangat penting dan strategis bagi Kota Bandung karena spirit untuk meningkatkan literasi masyarakat selalu ingin didorong dari waktu ke waktu.

“Di era digitalisasi, era media sosial, masyarakat itu kecenderungannya membaca tulisan-tulisan singkat dan pendek, bahkan hanya judul saja. Tidak dibaca kedalaman, apa-apa saja kedalaman kebijakan yang telah dipaparkan,” ucapnya.

Perubahan di tengah masyarakat ini tentu menjadi tantangan. Visi Kota Bandung salah satunya adalah peningkatan SDM. Yang menjadi perhatian yakni bagaimana meningkatkan tingkat literasi masyarakat.

“IPM tinggi, tetapi di era media sosial semakin cepat, pembaca ingin kesimpulan yang cepat, itu menjadi tantangan kita. Mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini menjadi momentum untuk membangkitkan minat baca masyarakat, tentunya dengan peran besar dari IKAPI. Kita harus semakin optimistis agar memicu kita menghadapi tantangan bersama di masa depan.