Tips Mencegah Tantrum Pada Anak

oleh
Tips Mencegah Tantrum Pada Anak
Ilustrasi anak tantrum - Tips Cara Mencegah Tantrum pada Anak /PEXELS/Ba Phi

Bewarajabar.com – Biasanya tantrum terjadi pada si Kecil ketika usianya 1-4 tahun. Tetapi Fearless Moms tidak perlu khawatir karena tantrum pada anak dapat dicegah.

Mengutip sumber dari Stanford’s Children Health, berikut salah satu cara yang bisa Fearless Moms lakukan untuk mencegah tantrum pada Si Kecil, seperti:

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Yang Menyenangkan

Rutin melakukan aktivitas fisik yang ringan dan menyenangkan dan mencegah tantrum pada Si Kecil. Fearless Moms bisa mengajak Si Kecil dengan melakukan beberapa aktivitas seperti rutin berolahraga pagi atau pun mengajaknya bermain di luar ruangan

  1. Bantu Si Kecil Untuk Mengendalikan Emosi

Fearless Moms bisa mencegah tantrum pada Si kecil dengan mengendalikan emosinya. Persiapkan berbicara dengan Si Kecil secara lembut supaya si kecil bisa belajar lebih sabar dan mampu mengendalikan emosinya.

  1. Jangan Menuruti Semua Permintaan Anak

Supaya mencegah tantrum pada Si Kecil, Fearless Moms harus dengan konsisten dan tidak langsung merasa kasihan dengan memberikan apa yang Si Kecil minta. Pada saat Fearless Moms menunjukan konsistennya maka lama kelamaan Si Kecil bisa mengelola frustrasi. Setelah semakin bertambah usia, Si Kecil bisa diajak berkomunikasi sehingga tidak lagi marah-marah ketika menginginkan sesuatu.

  1. Berikan Pengertian Dengan Sentuhan Kasih Sayang

Memberikan penjelasan pada Si Kecil mengenai aturan yang harus ia ketahui juga bisa menjadi cara untuk mencegah tantrum pada Si Kecil. Ajak Si Kecil berbicara dengan lembut dan disertai sentuhan kasih sayang.