Tunaikan Janji Kampanye Oded-Yana, Pemkot Bandung Gelar Konsultasi RKPD

oleh

Bandung, BewaraJabar — Untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan janji kampanye, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Hotel Grandia, Selasa 18 Januari 2022.

“RAPBD tahun 2023 bersifat sangat strategis. Karena merupakan tahun ke lima masa kepemimpinan. Merealisasikan janji semasa kampanye,” tutur Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat membuka acara.

Ia mengatakan, RKPD merupakan acuan bagi perangkat daerah dalam menyempurnakan rencana kerja dan pedoman penyusun RAPBD.

Oleh karenanya, Yana meminta, para perangkat daerah terus fokus terhadap capaian target kinerja. Terutama untuk yang belum tercapai pada rencana pembangunan periode sebelumnya.

“Oleh karena itu konsultasi publik ini bisa meningkatkan sinergi dalam membangun Kota Bandung yang esensinya memenuhi kebutuhan publik berdasarkan prinsip pemerataan dan keadilan,” katanya.

Selain itu, kata Yana, setiap program dan kegiatan harus mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah sehingga perlu penentuan skala prioritas.

Terutama terkait dengan peningkatan perekonomian kota. Derajat kesehatan masyarakat, Infrastruktur, pendidikan, penanganan kemiskinan, perluasan kesempatan kerja.

“Penghasil dari Bapenda harus terlihat. Karena kalau rasionya RAPBD kecil, belanja pegawai kemungkinan tetap atau malah bertambah, rasio pendapat tetap atau turun itu pasti rasionya meningkat,” jelas Yana.

Ia berharap, konsultasi publik ini semakin memperkaya gagasan terkait pembangunan pada akhir masa jabatan yang memadukan program.

“Tak hanya itu, juga termasuk kegiatan pemerintah pusat, provinsi dan kota dengan aspirasi dan prakarsa masyarakat,” ujarnya.