Wali Kota Bandung Turut Berduka atas Peristiwa Meletusnya Gunung Semeru: Mudah-mudahan Warga Diberi Keselamatan

oleh

Bandung, Bewarajabar.com — Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan rasa duka dan keprihatinan atas meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada Sabtu 4 Desember 2021 siang tadi.

“mewakili Pemerintah Kota Bandung, saya turut prihatin atas peristiwa meletusnya Gunung Semeru. Mudah-mudahan warga di sana diberikan keselamatan,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Sabtu 4 Desember 2021.

Oded pun berharap, warga di sekitar wilayah Gunung Semeru tetap waspada. Sehingga jika terjadi sesuatu, bisa menyelamatkan diri.

“Warga harus siap siaga agar tidak terjadi banyak korban,” imbau Oded.

Perlu diketahui, puluhan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mengungsi akibat Gunung Semeru meletus yang disertai dengan hujan abu vulkanik cukup tebal.

Petugas BPBD dan dinas sosial sudah bergerak ke lokasi untuk menjemput warga yang terjebak di dalam rumah dan tidak berani keluar karena abu vulkanik cukup tebal.

Hujan abu vulkanik menyebabkan sejumlah wilayah di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro gelap seperti malam hari. Sehingga Pemkab Lumajang akan membuka posko pengungsian di Kamar Kajang dan Pronojiwo.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat Gunung Semeru yang kini meletus dan menyemburkan material vulkanik, memiliki catatan panjang yang terekam sejak Tahun 1818.