Antapani Melek Demokrasi Lewat Sudut Literasi Mang Oded

oleh
Antapani Melek Demokrasi Lewat Sudut Literasi Mang Oded

Bewarajabar | Bandung – Namanya Sudut Literasi Demokrasi Mang Oded. Sebuah ruang baca untuk warga Bandung, terutama para pemudanya. Sudut Literasi ini berada di kantor Kelurahan Antapani Tengah, Bandung.

Sejak diresmikan pada 30 Desember 2021 oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Sudut Literasi masih aktif sampai sekarang.

Kepala Lurah Antapani Tengah, Teguh Haris Pathon menceritakan Sudut Literasi Demokrasi kepada Humas Kota Bandung.

“Meski diresmikan oleh Kang Yana Mulyana, tapi namanya Sudut Literasi Mang Oded karena beliau yang merencanakan ini. Tapi, saat selesai dibuat, beliau sudah meninggalkan kita duluan,” cerita Teguh, Senin 14 Maret 2022.

Sembari menyeruput tehnya, Teguh kembali melanjutkan perjalanan Sudut Literasi. Ternyata, di Antapani Tengah bukan hanya tersedia Sudut Literasi, tapi juga Gerobak Baca.

“Bedanya, Sudut Literasi ini hasil kerja sama kami dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung. Meskipun sudah ada Sudut Literasi Demokrasi, tapi kita padukan juga dengan Gerobak Baca hasil kolaborasi kami dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung,” paparnya.

Sudut Literasi ini sering dimanfaatkan oleh Karang Taruna. Mereka biasa berkumpul sambil membaca-baca buku politik yang tersedia di sini. Ya, sesuai dengan namanya, Sudut Literasi Demokrasi ini memang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat tentang politik.

“Di sini ada sekitar 70 buku dengan tema politik. Kami inginnya anak-anak muda itu peduli terhadap pemilihan wali kota, gubernur, ya terkait demokrasi lah. Maka, kedepannya kami juga ingin bentuk kader demokrasi untuk Antapani Tengah,” ungkap Teguh di sela-sela pembicaraan.