Aplikasi Oky, Bantu Remaja Putri Atasi Menstruasi

oleh

Bandung, bewarajabar.com — Aplikasi Oky yang diluncurkan Nations Children’s Fund (Unicef) dan Jejaring AMPL Nasional merupakan aplikasi menstruasi masa kini. Aktivasi Oky di Kota Bandung dilakukan pada 26-27 Agustus.

Reza Hendrawan, WASH Specialist, Unicef Indonesia mengatakan, Oky tidak hanya membantu para remaja perempuan dalam memantau siklus menstruasi. Oky juga berfungsi sebagai aplikasi edukasi menstruasi seru yang dilengkapi dengan empat fitur menarik, yaitu fitur Buku Harian, fitur Kuis dan Tips, fitur Ensiklopedia, dan fitur Pengaturan yang semuanya memiliki keunggulan masing-masing.

Fitur Buku Harian berfungsi untuk memantau dan mencatat siklus dan kondisi menstruasi, suasana hati, aktivitas yang dilakukan, hingga kuantitas darah menstruasi. Tujuannya agar semuanya tercatat dengan baik dan jelas, sehingga bila ada keluhan pada saat menstruasi pengguna dapat segera mengetahui dan menangani keluhan tersebut dengan tepat.

Selanjutnya Kuis dan Tips, fitur ini dirancang untuk menguji dan menambah pengetahuan dari para pengguna Oky. Fitur ini tentang bagaimana mereka mengenal diri mereka sendiri dan terkait MKM.

Fitur ketiga ialah Ensiklopedia yang dirancang sebagai pusat edukasi lengkap seputar banyak hal. Mulai dari menstruasi, kesehatan, mitos dan perasaan, gaya hidup, lawan jenis, keluarga, hingga kondisi terkini seperti Covid-19.