Banjir dan Longsor Kembali Melanda Kabupaten Garut, Arus Lintas di Jalan Provinsi Terputus

oleh
Banjir dan Longosdi Kab. Garut (Pemprovjabar.go.id)
Kab. Garut, Bewarajabar.com – Banjir dan longsor kembali melanda kawasan Kabupaten Garut yang diakibatkan oleh hujan deras pada Sabtu, 25/12/2021.

Banjir dan longsor tersebut melanda 3 desa di Kabupaten Garut, yakni Kecamatan Cisewu yaitu Desa Nyalindung, Desa Panggalih, dan Desa Cikarang.

Melansir dari Situs PemprovJabar.go.id, Camat Cisewu, Heri menyampaikan akibat dari bencana ini arus lintas di jalan provinsi sepanjang 200 meter sementara terputus, 6 rumah warga mengalami kerusakan, dan 1 unit jembatan gantung di Sungai Cilaki yang menghubungkan Kampung Pamalayan Desa Cikarang dengan Kampung Ciseureuh Desa Neglasari, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut juga mengalami kerusakan.

Langkah cepat dilakukan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisewu beserta warga dengan melakukan pembersihan material longsor secara manual sebelum alat berat tiba di lokasi. Selain itu warga mengevakuasi barang peralatan rumah ke tetangga dan keluarga terdekat.

Berkaitan dengan jembatan yang rusak pihak kecamatan membuat tanda atau rambu untuk kesemalatan masyarakat.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana yang terjadi di Kecamatan Cisewu ini. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terlebih saat ini curah hujan di Kabupaten Garut yang cukup tinggi.

Editor: kwon oca